Jelas saja kucing tidak akan mengerti bila dinasehati dengan bahasa manusia, apalagi kucing liar yang tak hidup dengan manusia dalam keseharian. Jadi percuma melarang mereka agar tidak pip dan pup di sekitar rumah. Apalagi memarahi, duh kasihan juga kaann.. Bahkan ada yang sampai mengasari kucing hanya karena persoalan seperti itu. Padahal mereka bisa menghentikan kegiatan tersebut bila pemilik rumah mengerti caranya.

Hasil gambar untuk cat pee outdoor
pets.thenest.com

1Jaga kebersihan

Rumah yang bersih tak disukai oleh tikus. Dengan kata lain, keberadaan tikus di sekitar rumah secara tidak langsung ‘mengundang’ kucing untuk menghampiri mangsanya, termasuk membuang kotoran di lokasi tersebut.

2Tutup bak/plastik sampah dengan benar

Masih berkaitan dengan kebersihan. Sampah adalah ‘sumber’ makanan bagi kucing liar, maka bila pemilik rumah membuang sampah dengan aroma yang masih tercium dengan leluasa, atau tempat pembuangan sampah terbuka, sama saja dengan ‘mengundang’ kucing untuk datang dan mengais makanan, juga buang kotoran.

3Rajin menyapu

Mungkin halaman terlihat bersih, tetapi siapa tahu banyak debu menempel di lantai beranda. Atau halaman rumah memiliki tanaman tetapi tak terawat baik, maka kucing seakan menemukan ‘nature’-nya untuk membuang kotoran. Saat melakukan ‘ritual’ tersebut, secara naluri kucing akan mencari pasir atau tanah kering agar mereka bisa mengubur kotorannya.

Hasil gambar untuk cat pee outdoor
pets.thenest.com

4Bersihkan ‘aroma’ kucing

Bila kucing pernah buang kotoran di halaman rumah, pastikan untuk membersihkan sebersih-bersihnya, sampai tak ada aroma kucing yang menempel. Cairan karbol atau pewangi lantai cukup efektif untuk menghilangkan aroma kucing, sehingga kucing liar tak merasa nyaman untuk kembali melakukan aktivitas di sana. Bagi pemilik kucing yang dipelihara dalam rumah pun sebaiknya melakukan hal yang sama, karena kucing liar biasanya akan mencium aroma sesama kucing lalu ‘membuat’ teritori di bagian luar rumah.

5Tanam tanaman dengan bau menyengat

Kondisikan halaman agar tak didekati kucing liar dengan cara menanam tanaman dengan bau menyengat yang tak disukai kucing. Misalnya saja bunga lavender, melati, atau pohon jeruk dan lainnya. Bila tak memungkinkan untuk menanam, potongan bawang putih atau serai di halaman cukup mampu membuat aroma yang tidak ramah pada kucing untuk mendekat.