Karena kucing tak terlihat ramah seperti anjing, lalu dianggap kucing adalah hewan penyendiri dan anti sosial. Kenyataannya tidak begitu lho. Sifat anjing dan kucing jelas berbeda, struktur tubuhnya pun beda sehingga ekspresi mereka pun tak sama.

Kucing merupakan predator hebat yang selalu siaga dalam setiap kondisi, sehingga mereka memiliki fokus yang luar biasa. Gak percaya? Coba saja panggil kucing, mungkin mereka akan menengok lalu kembali melakukan apa yang mereka fokuskan sebelum dipanggil. Kesannya tidak peduli kan? Padahal mereka bukan binatang yang mudah dikacaukan fokusnya, manusia saja sering gagal fokus ya hihi

Sifat kucing sangat berhati-hati dan waspada, sehingga tidak mudah untuk memulai pertemanan dengan mereka. Bahkan antar sesama kucing sekalipun, karena mereka adalah hewan teritorial dimana ‘kepemilikan’ wilayah menjadi sangat penting buat mereka. Butuh kesabaran mengenalkan kucing baru pada ‘penghuni’ lama, bahkan kadang negosiasi antar mereka ditandai dengan perkelahian segala.

Meski terkesan penyendiri, namun kucing sebenarnya sangat menyukai kebersamaan. Perhatikan saat mereka nyaman tidur dengan kucing lain atau bermain-main, atau saat mereka merasakan kenyamanan bersama pemiliknya.