Bagi pemilik kucing mungkin telah terbiasa atau bahkan dapat memaklumi ketika kucing peliharaan tidur sesuka hati, dimanapun! Di meja, kasur, rak, atau di tempat yang tak umum sekalipun, seperti ember, atas kompor, dan banyak lagi. Kadang kelakuan para kucing ini bikin geli, tapi tak jarang juga membuat jengkel karena tidak tertib pada aturan rumah. Akibatnya, bulu kucing dimana-mana.

Padahal kucing bukanlah hewan yang tak tahu aturan. Mereka mampu mematuhi etika di rumah, bila diajari, termasuk dalam soal tidur. Namun butuh kesabaran tinggi bila kucing sudah terbiasa dengan ‘aturannya’ sendiri di rumah, tapi bagi kucing yang baru saja tinggal di rumah akan lebih mudah untuk mengadapsi hal tersebut.

Hasil gambar untuk cat sleep everywhere
iheartcats.com

1Kenalkan tempat tidurnya

Sebaiknya pemilik telah mempunyai tempat tidur atau area khusus bagi kucing untuk tidur. Biasakan si kucing berada di tempat tersebut saat ia akan tertidur, beri kenyamanan dengan membelai atau meninabobokannya. Bila kucing terlanjur tidur di tempat lain, pindahkan ke tempat tidurnya. Demikian pula bila kucing ‘kabur’ dari tempat tidur dan memilih tempat lain, kembalikan ke tempat tidurnya. Namun pastikan bahwa tempat tidur yang disediakan benar-benar nyaman.

2Usapkan alas tidur

Saat hendak menaruh alas tidur, usapkan ke tubuh kucing terlebih dahulu agar kain alas berbau sama dengan tubuh si kucing. Dengan demikian si kucing tak merasa asing dengan tempat tidurnya.

3Lokasi tempat tidur

Tempat tidur diletakan di tempat favorit kucing. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah bila kucing selalu menolak tidur di tempat tidur dan memilih tidur di area tertentu, maka pindahkan tempat tidur di area tersebut.

Gambar terkait
winkgo.com

4Beri mainan

Kucing terkadang tidur setelah lelah bermain, maka dengan melengkapi mainan di tempat tidurnya, si kucing bisa bermain terlebih dahulu sebelum akhirnya ia tertidur. Selain itu, mainan menambah kehangatan tempat tidur yang membuat nyaman kucing.

5Temani kucing

Seperti halnya anak-anak, kucing kadang membutuhkan teman saat tidur. Maka pemilik hendaknya meluangkan sedikit waktu untuk menenaminya hingga ia tertidur, namun jangan menjadikan hal itu sebagai kebiasaan yang akan merepotkan nantinya. Temani sesaat, dan tinggalkan saat ia sudah tertidur.

Hasil gambar untuk sleep with cat
lifewithcats.com

Lihat juga. “Seolah Gak Ada Lagi Tempat, Maka Para Kucing Memilih Tempat Tak Lazim Untuk Tidur”