Badan Obat-obatan dan Makanan Amerika atau FDA memperingatkan agar tidak memberikan produk ganja untuk hewan peliharaan. Dokter hewan di Olympia, Ibu Kota negara bagian Washington, Lisa Parshley mengatakan ragu tentang produk ganja, bukan hanya karena alasan hukum. Namun masih banyak dampak ilmiah yang belum diketahui, berkenaan dengan risiko, dosis, serta cara penggunaan yang tepat.

Hasil gambar untuk vet dr Lisa Parshley
olympiaveterinaryspecialists.com

Di sisi lain, Dr Cornelia Wagner pemilik klinik hewan Hawthorne Veterinary Clinic mengatakan, pemilik hewan peliharaan beralih ke pengobatan dengan ganja atau mariyuana. Hal itu mirip dengan berbagai masalah yang dihadapi manusia sekarang ini, termasuk gejala kanker, nyeri, peradangan, kejang, mual, alergi kulit kronis dan kehilangan nafsu makan. Salah satu yang dikisahkan Wagner adalah anjing bernama Willy.

Hasil gambar untuk vet Cornelia Wagner drug for pets
kuow.org

Willy, anjing Lhasa Shih Tzu berusia 16 tahun. Ia memiliki bermacam masalah kesehatan seperti rematik dan kecemasan berlebih akibat kehilangan penglihatan berkenaan dengan usianya yang telah lanjut. Michelle Batten, pemilik Willy menyatakan anjing berwarna krem asal Portland itu sebelumnya mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Tetapi efeknya membuat Willy menjadi lamban. Willy kemudian menggunakan kapsul cannabinoid yang dibuat dari rami, yakni sejenis tanaman ganja yang tidak mengakibatkan halusinasi. Hasilnya, Willy jauh lebih tenang, dapat tidur lebih baik, tidak sakit, tidak cemas, juga tidak tampak mabuk.

Michelle Batten of Portland gives Canna-Pet capsules to her two aging dogs, Willy and Gracie. (NNN photo by Tom Banse)
krbd.org

Setelah kondisi Willy membaik, Batten membawa anjing senior lain berusia 14 tahun, Gracie, untuk mencoba pengobatan holistik yang ditawarkan Wagner. Hasilnya pun menggembirakan seperti Willy. Selain itu Willy juga mengonsumsi vitamin non-psikoaktif yang mengandung ganja jenis hemp, dua kali sehari, dari Wagner. Menurut Batten, kini anjingnya dapat menikmati hari tua dengan tetap aktif. Willy memiliki kualitas hidup lebih baik dari sebelumnya.

Dibalik pro kontra penggunaan ganja untuk hewan serta hukum yang berlaku, banyak produk berbahan ganja beredar di pasaran. Seperti ganja dosis rendah berbentuk kapsul, minyak, mentega dan tincture (larutan obat dalam alkohol) sampai mainan yang dikunyah untuk menyenangkan anjing.

Hasil gambar untuk vet Lisa Parshley cannabis for dog
usatoday.com