Akibat takut kerepotan dan gak kebayang bagaimana mengurusnya, maka banyak yang memutuskan untuk memelihara satu ekor anjing saja di rumah. Padahal lebih dari satu, bukan berarti repot lho, tetapi justru memberi keuntungan lebih. Insyaallah rejeki pun menjadi berlebih ya ūüėČ

1. Persahabatan anjing dan sosialisasi
Jika jadwal kerja pemilik sangat padat dan sering menghabiskan waktu di luar rumah, maka tak perlu khawatir dengan keberadaan anjing di rumah. Mereka bisa bermain bersama, dan mencegah perilaku destruktif yang biasa timbul akibat kebosanan. Persahabatan antar anjing dapat meminimalisasi kegiatan mereka yang merusak barang, mondar-mandir, menggali dan menggonggong berlebihan. Kebersamaan juga membuat mereka saling menjaga perkembangan emosi dan saling belajar menghadapi manusia serta hewan lain.
2. Satu anjing dapat ‚Äėmelatih‚Äô anjing lainnya (role model)
Satu anjing percaya diri dapat menjadi contoh bagi anjing lainnya, ia otomatis akan diteladani oleh anjing lainnya. Sehingga pemilik sebenarnya tak perlu berpikir repot untuk mengajari semua anjing, cukup satu saja yang dapat menjadi panutan. Anjing akan meniru perilaku anjing lain yang mereka hormati, kalaupun pemilik masih harus melatih maka tidak perlu sepenuhnya karena tugas tersebut sudah diemban oleh si anjing percaya diri.
3. Persahabatan antar anjing memberi kenyamanan ekstra bagi pemilik
Satu anjing saja sudah bisa dianggap dapat meredakan ketegangan dan stress pada manusia, apalagi lebih dari satu anjing? Pemilik akan mendapatkan kenyamanan berlebih saat melihat beberapa anjing peliharaan bermain, secara tidak langsung mereka akan memberi kehidupan yang lebih baik bagi pemiliknya, juga mengurangi risiko penyakit seperti stroke, serangan jantung, darah tinggi da kolesterol.
4. Meningkatkan kehidupan sosial pemilik
Beberapa anjing dapat mendorong sosialisasi si pemilik dengan lingkungannya, karena harus pergi keluar untuk berjalan-jalan sehingga memberi banyak kesempatan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain secara teratur. 

NAMUN, jangan pernah membiarkan anjing terlalu sering menyendiri bersama-sama tanpa pengawasan dan terlalu yakin mereka bergaul dengan baik. Karena perilaku teritorial dan posesif bisa saja terjadi bila tak disikapi, dan jika anjing memiliki kecenderungan destruktif maka dapat mendorong perilaku buruk satu sama lain.