Karena kebiasaan berkenalan antar manusia, maka ketika berkenalan dengan kucing pun kadang terbiasa untuk menatap matanya dan memberi wajah ramah. Padahal kucing tidak membutuhkan hal itu, yang mereka butuhkan adalah bau.

Biarkan dia mendekat dan mengendus, dan uurkan tangan tanpa perlu menatap matanya karena justru bagi kucing liar hal itu bisa dianggap ancaman. Para kucing liar memiliki insting kuat untuk mempertahankan diri dan tingkat kewaspadaan mereka pun sangat tinggi guna mengantisipasi bila diserang sewaktu-waktu. Maka jangan pula memaksakan diri untuk berkenalan, berilah waktu bagi mereka untuk meyakini bahwa keadaan aman. 

Bila ingin mengelusnya, mulai di bagian leher ke atas, seperti wajah, pipi dan sekitar mulut kucing karena daerah tersebut peka terhadap bau. Namun kebanyakan orang justru memegang tubuhnya karena takut jika dekat-dekat mulut malah digigitnya. Padahal kucing tak pernah membiarkan badannya disentuh orang yang tak dikenalnya.

Akan lebih mudah bila berkenalan dengan kucing liar sambil membawakan mereka makanan, karena dapat menimbulkan rasa percaya pada mereka bahwa yang mendatangi mereka tidaklah membahayakan.