Penampungan San Diego Animal Services kehilangan 57 sekor anjing selepas perayaan Hari Kemerdekaan Amerika, 4 Juli, lalu. Setiap tahun perayaan gegap gempita yang diwarnai dengan ribuan kembang api dilepas di udara serta ledakan petasan silih berganti, membuat banyak anjing ketakutan. Sekitar 40% dari semua anjing mengalami kepanikan luar biasa dan ketakutan di momen tersebut, sehingga berupaya melarikan diri guna mencari tempat yang aman.

Screen Shot 2016-06-30 at 3

Ketakutan anjing atas suara keras atau bising, seperti petasan, petir, pekerjaan konstruksi bahkan lalu lintas merupakan respon adaptif normal terhadap ancaman. Ketika mereka menghadapi hal tersebut, maka kemungkinan besar akan memengaruhi perilaku dan psikologis anjing. Secara naluri mereka akan mencari perlindungan untuk menghindari bahaya demi kelangsungan hidup. Bagi anjing terlatih ataupun anjing yang memiliki karakter kuat, mereka mampu merespon suara-suara tersebut secara lebih gigih sehingga tak memengaruhi sikap dan psikologisnya.

Why Your Dog Finds Fireworks So Scary (And How You Can Help)

Para pemilik anjing di Amerika biasanya mendapatkan peringatan beberapa hari sebelum adanya perayaan nasional yang bisa berakibat buruk pada anjing peliharaan mereka. Peringatan tersebut dimaksudkan agar pemilik mempersiapkan mental anjing mereka sebelum hari-H tiba. Anjing yang tinggal jauh dari kebisingan sangat rentan terhadap suara keras, sementara anjing yang sering bersosialisasi dengan lingkungan serta banyak mengenal kehidupan manusia akan lebih dapat beradaptasi.

Screen Shot 2016-06-30 at 4.10.58 PM

Pelatih anjing menyarankan untuk tidak menenangkan anjing dengan membelai mereka saat anjing panik akan suara keras. Hal tersebut berguna bagi manusia, tetapi tidak bagi anjing. Menemani mereka saat takut pun hanya boleh dilakukan sekali-kali saja, agar anjing tak memiliki ketergantungan mencari pemiliknya saat mereka takut. Yang terbaik adalah membuat pengalihan fokus anjing agar mereka tak memedulikan suara tersebut, misal dengan mengajaknya bermain. Sehingga perlahan mereka akan terbiasa mengartikan suara keras bukan sebagai ancaman, melainkan keadaan yang tetap menyenangkan dimana mereka bisa senantiasa tenang.

Screen Shot 2016-06-30 at 4

Untuk anjing yang tak mudah dialihkan fokus mereka, siapkan tempat berlindung bagi anjing yang mereka rasa nyaman. Sehingga anjing tidak akan memecahkan jendela, menggigiti benda sekitar, atau memanjat pagar dengan putus asa demi mencari tempat berlindung. Dengan demikian pemilik bisa lebih tenang untuk meninggalkan anjing di rumah, tanpa kecemasan mereka kabur atau melakukan tindakan destruktif, ataupun mengalami trauma.

Screen Shot 2016-06-30 at 3