Anjing sudah terlahir cerdas. Maka ketika anjing diajak hidup bersama manusia, mereka dengan cepat belajar beradaptasi untuk bisa berinteraksi di lingkungan manusia. Apalagi para anjing yang mendapatkan pelatihan dari pemiliknya, tentu mereka akan semakin cerdas!

Gambar terkait
Jim Burwell’s Petiquette

Ada satu hal yang luput dari pengetahuan para pemilik anjing, yakni memberi kualitas tidur yang baik bagi anjing. Malah karena saking imutnya para anjing tertidur, pemilik tak tahan tidak menggodanya. Padahal hal tersebut justru menggagalkan waktu belajar anjing. Lho waktu tidur atau belajar?

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Hungaria menyatakan bahwa anjing tidur tidak sekedar beristirahat, tetapi mereka juga belajar atas pelatihan yang diberikan. Sejumlah alat pemantau aktivitas otak dipasang pada anjing yang sedang tidur, sebelumnya para anjing yang terbiasa mendengar bahasa Hungaria itu, diberi komando dalam bahasa Inggris. Bahasa yang benar-benar baru mereka dengar. Ternyata selama 3 jam anjing tertidur, dengan kualitas tidur yang baik, otak anjing beraksi cepat bahkan berulang-ulang sebagai proses mengingat belajar.

Hasil gambar untuk dog sleep book
markingourterritory.com

Dalam grafik electroencephalogram (EEG) yang merekam aktivitas otak, menunjukan adanya gelombang ritmis pada otak anjing saat tertidur, dimana jumlah waktu tidur lelap berhubungan dengan kualitas hasil belajar anjing. Adapun gelombang anjing terlelap terjadi pada siklus pendek di kisaran 9-16 hertz, yang mirip dengan manusia. Dengan kata lain aktivitas tidur anjing bisa digunakan sebagai obyek penelitian untuk mengetahui fungsi dari tidur lelap bagi manusia. Jadi baik anjing maupun pemiliknya, sebaiknya tidak terganggu saat tidur, agar mereka bisa sama-sama belajar 🙂

Sleeping With Dogs-10
thewondrous.com