Kesedihan di mata anjing, diiringi sedikit tangis saat memandang sang pemilik sedang mengunyah makanan, bahkan seakan mereka menghitung setiap gigitan. Duuhh.. siapa yang bisa tahan untuk tega tidak memberi sepotong dua potong makanan pada anjing yang ‘mengemis’ seperti itu. Termasuk saat anjing ingin diajak jalan, mengajak bermain, dan segala hal yang mereka inginkan maka mereka akan ‘mengemis’ dengan wajah memelas dan menyayat hati. Huhu…

Sebenarnya anjing tidak perlu ‘mengemis’ untuk hal apapun, bila tahu bahwa mereka tidak berhak atas hal yang diinginkan. Tidak perlu juga terjadi perang batin di hati pemilik untuk menolak mereka, jika saja anjing cukup terlatih untuk memahami etika dan mengontrol keinginan. Bahkan anjing tidak akan mengganggu sama sekali.

Dog begging stand

Abaikan tatapan anjing

Saat anjing ‘memasang’ wajah memelas untuk meminta sesuatu, sebisa mungkin untuk mengabaikan mereka. Lakukan berulang-ulang, dimana anjing akan mulai bosan dan menyadari bahwa tindakannya tidak menghasilkan apapun.

Jangan memberi makanan tanpa syarat

Misalnya di luar jam makan, atau memberi dengan cuma-cuma, apalagi makanan di atas meja makan atau yang sedang dimakan. Karena anjing akan ‘merekam’ hal tersebut sebagai suatu hal yang lumrah, sehingga mereka akan terbiasa meminta makanan atau sesuatu sekehendak hati mereka.

Tidak perlu merasa kasihan

Bukan hal buruk kok tidak memberi makan sejauh anjing telah mendapatkan jatah makanan sehari-hari secara teratur. Tidak buruk pula menolak bermain atau jalan-jalan bila bukan pada waktunya, sehingga mengapa harus merasa bersalah pada mereka? Toh rasa cinta anjing pada pemilik tidak ditentukan dari seberapa sering pemilik meluluskan permintaan saat mereka merajuk.

Begging eyes

Beri hadiah ‘kesabaran’

Bila anjing mau bersabar mengontrol keinginannya dengan menunggu, maka pemilik bisa memberinya hadiah berupa cemilan. Anjing akan mengerti bila menunggu dan bersabar adalah hal yang baik bagi mereka untuk mendapatkan sesuatu.

Latihan kepatuhan dan disiplin

Anjing akan patuh dan disiplin bila diajarkan, maka biasakan anjing untuk tidak meminta makanan di luar jatah makan mereka, atau bermain di tempat dan waktu yang tidak seharusnya. Cara terbaik untuk melatih mereka adalah menggunakan agenda yang mengatur waktu mereka makan dan bermain. Maka mereka akan terbiasa dengan rutinitas, tanpa memaksa melakukan hal tersebut di luar agenda kegiatannya.

Konsisten

Melakukan pelatihan pada anjing memerlukan komitmen dan konsistensi dari pemiliknya. Daya tangkap anjing pun berbeda-beda, tak semua anjing cepat belajar dan memahami sehingga pemilik tetap harus sabar dalam melatih. Jangan menyerah, toh untuk kebaikan dan kebahagiaan bersama 🙂

Dog waiting and begging

Ubah persepsi

Bila anjing tetap memaksa untuk mencicipi makann di piring pemiliknya, ubah persepsi anjing tentang aroma yang ia cium. Misalnya dengan menyodorkan sayuran yang tak dia sukai, lalu tunjukan mangkuk makanannya yang berisi dog food, sampai persepsi anjing berubah untuk menganggap makanan di mangkuknya justru lebih lezat ketimbang di piring sang pemilik.

Libatkan seluruh keluarga

Anjing akan lebih cepat memahami pelatihan apabila semua orang di sekelilingnya memperlakukan hal serupa. Latihan akan terus menerus gagal apabila hanya 1 atau 2 orang yang mendisiplinkannya, sementara yang lain justru melanggar aturan. Anjing malah menjadi bingung untuk mengambil sikap yang benar.

Buat batasan

Soal makanan, bisa dilakukan pula pembatasan akses anjing sehingga ia tidak meminta. Misalnya anjing berada di ruang berbeda saat pemilik sedang makan di ruang makan, anjing ‘diajak’ berpikir bahwa tidak ada hal seru di ruang makan sehingga ia tidak pernah tertarik untuk masuk ke ruangan tersebut.

Dog barrier