Dari penelitian diketahui bahwa simpanse mempunyai kecerdasan mendekati manusia, diantaranya mereka mampu membuat alat-alat sederhana untuk mencari makan, seperti yang dilakukan manusia purba di masa lalu. Namun ternyata tak hanya simpanse yang pintar, hewan berikut pun dinyatakan cukup jenius!
1. Kadal
Spesies kadal, pogona vitticeps, yang diteliti di kebun binatang Taronga terbukti bisa memainkan game “Ant Smasher”, dimana pemain harus menangkap semut sebanyak-banyaknya dengan layar hp jika ada semut yang muncul.  Pogona memainkan game tersebut dengan menggunakan lidah, dan hasilnya cukup banyak semut yang berhasil ditangkap.
2. Lumba-lumba
Dari penelitian Dr. Ken Marten, diketahui lumba-lumba bisa membuat cincin-cincin kecil bersinar untuk dimainkan. Mereka menggerakkan sirip hingga muncul pusaran air kecil, lalu di tengah pusaran si lumba-lumba menembakkan gelembung dari lubang pernapasan di atas kepala. Sehingga pusaran-pusaran air itu berisi gelembung dan akan bersinar bila terkena cahaya.
3. Ular
Menurut ilmuwan di Guangxi, ular mampu mendeteksi datangnya gempa sekitar seminggu sebelum kejadian. Mereka akan keluar dari sarang, meski musim dingin sekalipun. Maka Pusat Penelitian Gempa Bumi Nanning memasang kamera CCTV di sebuah peternakan ular,  agar ular mampu ‘memberitahu’ bila akan terjadi gempa bumi.
4.  Paus pembunuh
Diketahui paus pembunuh bisa menggunakan bahasa lumba-lumba, hanya dengan menempatkan mereka berdekatan. Ia mampu belajar dan berkomunikasi. Maka di beberapa pusat penangkaran hewan laut di Amerika pun, biasanya paus pembunuh ditempatkan dekat dengan lumba-lumba hidung botol.
5. Paus bungkuk
Salah satu kepandaian paus bungkuk adalah saat mereka menggunakan taktik untuk menggiring ikan-ikan kecil yang akan dimangsa. Secara berkelompok ada paus yang mengeluarkan gelombang suara untuk mengagetkan ikan, lalu yang lainnya akan menyemburkan gelembung guna menggiring dan membuat ikan-ikan kecil terjebak, seperti fungsi penggunakan jala.