Tentu mengejutkan ketika urutan teratas kucing paling jinak adalah kucing yang memiliki bulu warna hitam. Karena kucing hitam selalu diasosiasikan dengan kucing horor, hiii. Dipelihara penyihir lah, digunakan sebagai ritual lah, jelmaan siluman lah, dan sebagainya. Sementara tim periset dari Universitas California Davis yang melakukan penelitian terhadap ribuan kucing dan pemiliknya, justru menghasilkan fakta lain terhadap kucing berbulu hitam. Mereka sangat jinak dibanding kucing dengan warna bulu lainnya.

Hasil gambar untuk cute black cat
Warren Photographic

 

Selain kucing hitam, kucing berwarna abu-abu dan putih pun dianggap jinak. Mereka mudah akrab, juga tidak berlama-lama curiga sehingga lebih cepat untuk bisa menyentuhnya. Sementara kucing dengan warna bulu motif belang tortoishell atau hitam-orange, yang kadang juga bercampur putih (biasanya disebut kembang telon), merupakan kucing paling agresif diantara semua kucing.  Maka sebaiknya lebih berhati-hati jika menjumpai di jalan, jangan sok akrab nanti mereka marah.

Kucing belang hitam putih, dan belang abu-abu putih juga tergolong kucing agresif, sehingga butuh waktu untuk membuat mereka percaya dan mau dipegang. Memang penelitian tersebut tidak bisa dijadikan patokan sepenuhnya pada semua kucing, terutama pada kucing rumah atau kucing yang pernah mengalami trauma.