Melalui studi yang dilakukan oleh Hiroshi Nittono dari Hiroshima University, Jepang, dihasilkan fakta bahwa pelajar mampu memiliki fokus yang baik saat belajar apabila mereka melakukan jeda belajar untuk melihat foto anjing lucu. Tak hanya pada pelajar, efek serupa akan dirasakan oleh pekerja. Terutama yang harus bekerja secara monoton, dimana otak memerlukan penyegaran atau relaksasi.

Hasil gambar untuk dog in photo booth
StyleTails

Kehebatan anjing, meskipun hanya foto, terletak pada matanya. Dalam hitungan detik, fokus otak akan terdistorsi untuk berempati pada anjing. Secara tiba-tiba otak akan menghentikan ketegangannya pada fokus semula untuk berpindah pada fokus baru tanpa sedikitpun membawa fokus obyek sebelumnya. Dalam beberapa menit saja otak akan kembali “segar” untuk melanjutkan pekerjaan atau berkonsentrasi belajar. Hasilnya, orang-orang yang melakukan jeda saat bekerja atau belajar untuk melihat foto anjing akan memiliki fokus optimal dalam menyelesaikan tugas, serta lebih produktif.

Dr. Simon Moore, seorang psikolog juga menambahkan bahwa tingkah anjing dalam foto memberi peran pula dalam menurunkan tensi otak. Dimana orang akan lebih baik dalam berpikir, serta memberikan ketenangan dan mencegah terjadinya stress. Bahkan bisa memberi rasa bahagia.

Gambar terkait
telegraph.co.uk

Manfaat tersebut dapat diperoleh secara lebih optimal, jika bukan foto yang dilihat, namun anjing sebenarnya. Sehingga bisa diajak bicara dan dibelai. Tak heran di beberapa sekolah dan universitas di luar negeri telah disediakan ruang khusus, dimana anjing-anjing terapi berada di sana untuk memberi manfaat bagi setiap siswa. Terbukti nilai akademik siswa meningkat, dan perilaku mereka lebih baik. (baca juga. “Kampus Lancashire Menyediakan Anak Anjing Agar Mahasiswa Sukses Ujian”)

Berdasar studi tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba memberi jeda dalam setiap kesibukan dengan melihat foto anjing yang lucu. Video juga boleh. Karena gak mungkin kan membawa anjing peliharaan ke sekolah atau ke kantor :p Ingat, tatap matanya dan larutlah dalam tingkahnya. Selamat mencoba!

Hasil gambar untuk corgi butt
pinterest