Seperti pada manusia, helaan napas tidak selamanya menunjukan kondisi relaksasi. Ketika seseorang yang ditunggu tiba-tiba membatalkan janji untuk datang, tanpa disadari manusia menghela napas sebagai pernyataan kecewa. Anjing pun melakukannya.

Hasil gambar untuk dog exhales loudly
Vet Organics

Bila diperhatikan, tidak dalam setiap momen anjing menghela napas. Tidak dapat dipastikan juga kapan mereka akan melakukannya. Namun untuk mengetahui arti dari helaan napas tersebut, pemilik harus mencermati situasi dan kondisi yang dihadapi anjing. Karena helaan napas bisa berarti ungkapan kebahagiaan atau kekecewaan, seperti yang disampaikan Stanley Coren, Ph.D. di dalam buku “Understanding Your Dog for Dummies”.

Coren menyebutkan helaan napas merupakan sinyal sederhana yang disampaikan anjing untuk menyatakan perasaan. Biasanya merupakan respon dari momen yang dirasakan anjing sebelumnya. Bila anjing sehabis diajak bermain, lalu merebahkan badan sambil menghela napas, ia menyatakan rasa puas dengan kegiatan yang baru saja dilakukan. Anjing merasa bahagia. Sebaliknya, saat ia mengajak sang pemilik bermain namun tak digubris, anjing juga merebahkan badan sambil menghela napas. Tapi kali ini ia menyatakan kecewa karena keinginannya tak terpenuhi.

Hasil gambar untuk dog exhales loudly
Mother Nature Network

Masih banyak momen keseharian lain yang dapat menjadi latar belakang anjing menghela napas. Termasuk momen ketika anjing diajak bermain sang pemilik namun ia menolak diiringi helaan napas, rupanya anjing masih mengantuk atau enggan bermain, ia minta ijin diperbolehkan tidur sebentar. Sementara helaan napas lain yang didahului tarikan napas panjang, dilakukan anjing untuk relaksasi.

Coren menambahkan gestur dan mata anjing pun dapat dicermati untuk mengetahui ‘pesan’ dibalik helaan napasnya. Apabila setengah bola mata anjing tertutup, ia sedang menyampaikan kegembiraan, sedangkan jika kedua bola matanya terbuka, maka anjing merasakan kekecewaan. Katenna Jones dari Jones Animal Behavior, di Warwick , Rhode Island, menyederhanakan pemahaman perilaku anjing tersebut dengan kebiasaan pada manusia, yakni cukup interpretasikan saja perasaan anjing seperti manusia saat menghela napas. Yang intinya, helaan napas akan senantiasa bermakna bahagia dan relaksasi bila selalu berusaha untuk tak membuatnya kecewa.

Hasil gambar untuk dog exhales loudly
Mother Nature Network