Kelakukan kucing nakal sering kali dianggap sebagai bagian dari tingkah laku iseng mereka, padahal gak selalu demikian. Bila kucing kerap melakukan tindakan di luar kebiasaannya, bisa jadi mereka sedang menyampaikan sesuatu yang mereka rasakan… curhat gituu..
1. Tidak pipis atau pup di tempat semestinya
Mungkin mereka merasakan sakit ketika buang air, sehingga mereka mencoba keluar dari kebiasaan dengan buang air di luar tempatnya dengan harapan sakitnya hilang. Selain itu bisa jadi akibat stress di lingkungan, misal ada orang baru, kucing baru, perabotan baru, dll. Atau karena tidak nyaman dengan tempat pembuangannya (litter box), seperti mengganti dengan tempat baru, kondisi kotor, dipindah tempat, dan lainnya.

2. Tiba-tiba mencakar atau menggigit saat dielus
Biasa terjadi bila kucing merasa tidak dalam kondisi nyaman, sehingga mengganggap elusan berupa ancaman dimana mereka harus membela diri dengan cara mencakar atau menggigit “penyerang”nya.
3. Bertikai dengan kucing lain
Ada kalanya terjadi persaingan diantara mereka, baik itu makanan, mainan atau kasih sayang dari pemiliknya. Perhatikan baik-baik, karena bila sumber sengketa adalah wilayah kekuasaan maka butuh waktu lebih lama untuk berdamai. 
4. Spray (menyemprotkan pipis)
Kucing biasa menandai wilayah kekuasaannya dengan melakukan spray, tetapi bisa saja mereka keterlaluan sampai ‘menyemprot’ pemiliknya juga dengan maksud membaurkan aromanya pada sang pemilik. Mereka juga ‘menandai’ pintu agar tidak ada yang memasuki wilayah mereka.
5. Mencakari/menggaruk perabot rumah
Secara alamiah kucing akan mencakari/menggaruk bidang tertentu untuk mengasah kuku ataupun peregangan otot, bila mereka melakukan hal itu pada perabotan rumah artinya mereka belum mendapat tempat lain yang nyaman untuk garuk-garuk, meski sudah disediakan mainan scratch sekalipun

6. Minta makan di luar jam makan, malah di tengah malam!
Lapar? Bisa jadi. Tetapi bila biasanya mereka bisa sabar menunggu jam makan, kali ini mereka meminta jatah yang lain yaitu jatah main harian yang mungkin belum puas mereka dapatkan. Kucing minta makan di luar jam makan, bisa menandakan ia justru ingin melepaskan energinya dengan cara membangunkan sang pemilik
7. Keseringan sembunyi
Kucing pemalu dan takut terhadap lingkungannya tidak bisa dikategorikan sifat kucing yang baik. Bisa saja ia pernah menjadi korban ‘bully’ di lingkungannya, atau sering dikagetkan, dimarahi, dijahili, dll, yang membuat ia lebih merasa aman jika bersembunyi. 
8. Keseringan memandikan diri
Akibat terlalu sering self-grooming atau menjilati diri sendiri, kulit kucing malah jadi luka dan membuat gusar sang pemilik. Padahal perilaku tersebut bisa tercetus karena kucing merasa stress dan memandikan diri dengan maksud menenangkan diri, 
9. Mengeong keras, berisik, dan sulit disuruh berhenti
Kemungkinan kucing merasa tidak enak badan dan sulit menanggapi keadaannya sendiri, ada baiknya membawa kucing ke klinik untuk periksa kesehatan. Tapi mungkin juga ia merasa bosan dengan keadaan dan minta diperhatikan.