Biasanya jika kucing ditinggalkan dalam waktu lama, atau merasa tak diperhatikan oleh pemiliknya, maka si kucing akan mencoba mencari perhatian dengan caranya sendiri. Kadang diasumsikan ia nakal, padahal kucing tak tahu bagaimana menyampaikan keinginannya tersebut pada sang pemilik. Beberapa tanda yang diberikan kucing dalam usahanya mendapatkan perhatian adalah sebagai berikut,

1Mengeong berlebihan

Meski mengeong merupakan suatu hal yang normal dan menyehatkan bagi kucing, namun jika berlebihan artinya ada yang ingin ia sampaikan. Salah satunya adalah ingin diperhatikan. Bila suara mereka terdengar seperti frustasi dan putus asa, atau mereka mengeong di tengah malam atau dini hari, bisa menjadi kemungkinan kucing butuh waktu kebersamaan dengan pemiliknya.
8470847777_9f98b751c5_z

2Mengais atau mengganggu

Kucing meletakkan kaki depan atau paw-nya pada pemilik, lalu mencengkeram, merupakan komunikasi langsung dari kucing agar sang pemilik memerhatikannya. Kadang kucing juga berada di tengah keasikan kegiatan pemiliknya, seperti mengiterupsi, karena ia merasa sedang diabaikan.
12564649255_4b86ae9a28_z

3Membuat kaget

Bisa saja mengetuk mangkok, mendorong pintu, menjatuhkan barang, atau apapun yang menimbulkan suara mengagetkan bagi sang pemilik. Kucing tahu, dengan begitu pemilik akan menoleh atau mendatangi mereka. Tapi alih-alih mendapat perhatian, seringnya banyak pemilik malah memarahi kucing.

4Merusak benda dengan cakarnya

Meski telah disediakan garukan di rumah, kucing menggaruk di tempat lain. Biasanya di tempat yang mereka anggap disenangi oleh sang pemilik. Kucing sengaja menggaruk untuk meninggalkan feromon (aroma mereka) sebagai informasi pada pemilik tentang keberadaan mereka. Kucing mengharapkan reaksi dari sang pemilik untuk mendatangi mereka, namun bukan untuk memarahi tetapi melimpahkan perhatian pada mereka.
2125762772_cb297d4e56_z

5Melompat ke tempat yang tak diperbolehkan

Kucing peliharaan biasanya sudah mengerti tempat mana saja yang diperbolehkan dan tidak. Namun bila mereka melompat ke meja makan, meja dapur atau manapun yang dilarang berarti mereka ingin menyita perhatian sang pemilik. Tidakan mengusir hanya akan membuat mereka mengulangi tindakan tersebut, luangkan waktu sebentar untuk mengajaknya bermain. Setelah tenang, mereka tak akan mengganggu lagi dan menghargai batasan yang tak diperbolehkan.
4472073349_ca5305aa84_z