Bagi pemilik anjing mungkin sering mendapati anjing tiba-tiba bersin saat mereka bermain. Karena tidak bersin berkali-kali, maka pemilik biasanya menganggap hidung anjing terganggu bulu yang terbang dan masuk ke dalamnya, sehingga menggelitik hidung dan menyebabkan bersin. Teori tersebut tidaklah salah sepenuhnya, karena memang mungkin saja kejadiannya demikian. Tetapi penelitian yang dilakukan oleh Canine University menghasilkan sesuatu yang lain, yang mungkin belum diketahui oleh kebanyakan pemilik anjing. Yakni, anjing bersin saat bermain merupakan sebuah pernyataan girang.

Badass sneeze
cuteness.com

Biasanya permainan yang dilakukan anjing sehingga menyebabkan bersin adalah permainan antar anjing. Bersin adalah simbol permainan sangat menyenangkan, dimana anjing yang bersin sangat menyukainya. Tak jarang anjing lawan bermain pun turut bersin pula, bukan? Bahkan, seorang pelatih dan pakar perilaku anjing, Katherine Smith, menyatakan tak jarang juga anjing bersin saat bermain dengan manusia. Bersin anjing adalah penyampaian betapa mereka sangat suka dengan hal yang dilakukan terhadap mereka.

dance sneeze
cuteness.com

Tentu terdapat perbedaan antara bersin sebagai ungkapan senang, atau bersin akibat debu, bulu ataupun penyakit. Saat bermain anjing biasanya hanya bersin sesekali, atau bahkan sekali saja. Tanpa diiringi dengan menggosok hidung dengan kaki depan maupun berhenti bergerak. Hal tersebut terjadi akibat gejolak kegembiraan yang mereka rasakan, seperti sebuah hentakan kegirangan yang meluap, sehingga anjing tak mampu mengontrol napas dan liurnya. Sementara bila bersin akibat bulu ataupun debu dan bakteri, biasanya anjing akan bersin lalu menggosok hidung atau menghentikan permainan walau sesaat. Sedangkan jika mereka sakit, tentu bersin terjadi disertai dengan kelesuan bermain dan keengganan bergerak. Bukan sebaliknya.

Haassttyiih! = senang!

wish dog
cuteness.com