Dari sebuah studi yang dilakukan oleh Arizona State University, diketahui bahwa anjing pitbull harus menunggu 3 kali lebih lama dibanding anjing untuk mendapatkan adopter. Hal tersebut terjadi akibat pitbull dikenal sebagai anjing yang memiliki agresivitas tinggi, sehingga tak banyak orang mau membukakan pintu untuknya demi menghindari masalah atau bahaya yang akan timbul akibat perilaku pitbull. 

dog-shelter-removes-breed-labels-adoption-pitbulls-arizona-4

Jenis anjing memang menentukan sifat dasar dan pembawaan mereka, namun selebihnya tergantung pada pemilik anjing. Meski anjing yang dikenal jinak sekalipun, jika di tangan pemilik yang tak mampu mengendalikannya maka akan menjadi anjing yang memiliki agresivitas tinggi. Ketergantungan pada kemampuan pemilik menangani anjing adalah hal utama yang harus dipertimbangkan, dibanding jenis anjing. Atau dengan kata lain, pitbull bukanlah anjing berbahaya di tangan seorang pemilik yang tepat.

dog-shelter-removes-breed-labels-adoption-pitbulls-arizona-6

Maka penampungan The Arizona Animal Welfare League (AAWL) memutuskan menghapus label yang mencantumkan jenis anjing, dan menggantinya dengan hal yang menjadi fokus mereka secara sifat dan keseharian. Dengan demikian akan menghindari stereotip anjing secara jenis yang menjadi asumsi calon pemelihara selama ini, dan membuat anjing kehilangan kesempatan mendapatkan kasih sayang.

dog-shelter-removes-breed-labels-adoption-pitbulls-arizona-2

Menguatkan hasil penelitian tersebut, Michael Morefield dari AAWL menyatakan bahwa pengalaman hidup anjing selama belum berada di penampungan, bahkan jauh sebelum ia dikenal oleh pemiliknya yang baru lebih menentukan karakter dan kepribadiannya. Sangat tidak adil bagi anjing bila manusia menghakimi mereka berdasarkan keturunan. Maka dengan menghapus label anjing, diharapkan anjing-anjing seperti pitbull mendapatkan kesempatan sama seperti anjing lain untuk diadopsi, dan mendapatkan kasih sayang tanpa perbedaan. 

dog-shelter-removes-breed-labels-adoption-pitbulls-arizona-8

dog-shelter-removes-breed-labels-adoption-pitbulls-arizona-7