Mainan dibeli kan buat dimainkan ya, bukan untuk dirusak. Tapi kenapa pemilik sebaiknya memperbolehkan anjing merusak mainan mereka?

Hasil gambar untuk dog destroys toys
BarkPost

Berbeda dengan pendidikan pada anak, dimana anak harus menjaga mainan dengan baik. Sementara anjing rumahan justru diperbolehkan memperlakukan mainan sekehendak hati, apalagi jika pemilik jarang mengajak mereka berjalan-jalan, bersosialisasi, atau bahkan tak memiliki anjing lain di rumah sebagai teman. Maka anjing sangat membutuhkan mainan untuk meluapkan keinginannya.

Hasil gambar untuk dog destroys toys
pet4home

Dibalik “pengrusakan” anjing atas mainannya, terdapat kepuasan yang dirasakan oleh anjing. Mereka terbebas dari kebosanan, stress dan memperoleh kegembiraan. Anjing seolah memiliki sebuah pencapaian atas perilaku tersebut, sebagaimana nenek moyang seekor serigala yang memburu dan mengoyak mangsanya. Bukti diri bahwa mereka memiliki kebanggaan atas diri sendiri. Hal tersebut tentu saja tidak dirasakan manusia bila melakukan hal yang sama, jadi jangan samakan anjing dengan bocah kanak-kanak yaa..

Pimm_1

Walau demikian, bukan berarti anjing tidak bisa menjaga mainannya dengan baik. Tentu mereka bisa, asal pemilik telah memberi kebutuhan anjing untuk bermain, berlarian dan bersosialisasi. Jangan memarahi tanpa memenuhi naluri anjing untuk melakukan semua itu, karena hanya akan membuat anjing merasa sangat tertekan. Kasihan kaann.. 🙁

Hasil gambar untuk dog guilty destroys toys
Pinterest

Pada dasarnya anjing adalah mahluk dengan energi tinggi. Mereka butuh menyalurkan semua semangat yang ada dalam dirinya dengan cara apapun. Mainan cukup membantu anjing memiliki kehidupan yang bahagia. Mainan yang tidak cepat rusak dan ‘menantang’ lebih disukai anjing, tapi berikan juga mainan yang memang bisa diikhlaskan untuk dirusak. Sehingga pemilik tak naik pitam ketika melihat mainan termutilasi, dimana sang pelaku akan memberi wajah gembira lalu minta dibelikan lagi. Ingat lho, tanpa mainan anjing bisa merusak barang-barang di rumah yang lebih bikin pemilik emosi tingkat dewa.

Hasil gambar untuk dog destroys toys
BarkPost