Dari begitu banyak penampungan di Amerika, diketahui bahwa bentuk muka kucing bisa mencerminkan kepribadiaannya. Kit Jenkins dari PetSmart Charities, yang telah lebih dari 20 tahun berkecimpung dalam pengelolaan penampungan kucing, menyatakan tak jarang penampungan memberi saran bagi pemilik kucing untuk mengadopsi kucing yang sesuai dengan rumah baru mereka nanti, agar tidak merepotkan, juga membuat si kucing mudah beradaptasi.
Menurut Jenkins, sederhananya muka kucing terdiri dari tiga bentuk. Bulat, persegi dan segitiga (cekung)
Muka bulat
Tipe penurut, mudah ketakutan dan berenergi rendah sehingga tak sulit didekati. Mereka juga suka dipangku daripada berjalan-jalan di sekitaran rumah. Mereka lembut, penuh kasih sayang terhadap orang-orang yang mereka percaya dan tak bisa dikerasi.
Muka persegi
Biasanya dimiliki oleh kucing-kucing berbadan besar. Ibarat anjing, mereka adalah jenis golden retriever. Mereka sangat penyayang, baik terhadap manusia juga sesama kucing. Berhati baik dan melindungi, serta gemar memeluk.
Cats with square faces are often keen to please their owners Square cats tend to be affectionate and love to snuggle and give head-butts said cat behaviourist Arden Moore
Muka segitiga (cekung/runcing di bagian mulut)
Kebanyakan tubuh mereka ramping, karena mereka sangat lincah. Penuh rasa penasaran, pintar, aktf dan energik. Biasanya mereka tak segan untuk memprotes hal yang tak mereka suka dengan caranya sendiri, dan terkadang bawel.