Ada tiga alasan kucing mengapa dia sering ikut naik ke tempat tidur dan tidur bersama. Bagi pemilik kucing, pasti geer deh, langsung menganggap perilaku kucing tersebut menandakan rasa sayang kucing pada sang pemilik. Padahal belum tentu. Jadi sebenarnya apa alasan kucing seperti itu?

Cat on bed
thespruce.com

Mencari kehangatan

Suhu tubuh yang stabil sangatlah penting bagi kucing. Salah satu sumber yang bisa membantu kucing mendapatkan kestabilan suhu adalah kasur dan temperatur tubuh manusia. Maka jangan terlalu cepat geer kalau kucing sengaja menempelkan tubuh pada pemiliknya saat tidur atau menjelang tidur. Karena bisa saja mereka melakukan hal serupa pada orang lain, atau kucing lain, ketika mereka membutuhkan kehangatan atau menjaga suhu tubuh. Hal itu juga yang melatarbelakangi kucing bila mereka ingin dipangku.

Mencari perlindungan

Salah satu ancaman terbesar bagi kucing adalah saat mereka tidur. Selain sebagai predator, kucing juga merupakan mangsa hewan lain yang lebih besar. Sehingga kucing harus selalu siaga demi menjaga keselamatannya, namun kewaspadaan kucing menurun ketika mereka sedang tidur. Maka kucing akan mencari tempat untuk tidur yang benar-benar membuat mereka merasa aman dan terlindungi. Naluri itu yang membawa kucing rumahan naik ke tempat tidur dan tidur bersama pemiliknya yang mereka percaya dapat melindungi.

Hasil gambar untuk sleep with cat
cattime.com

Ya betul, itu ungkapan rasa cinta

Kucing memang memiliki banyak cara untuk mengungkapkan cintanya pada sang pemilik. Diantaranya dengan mengikuti pemiliknya memasuki kamar, naik ke tempat tidur dan tidur bersama. Biasanya kucing sengaja tidur bersentuhan dan tak ragu menaruh paw-nya di wajah sang pemilik. Biasanya kucing tak mau berjauhan, pemiliknya bangun untuk ke kamar mandi misalnya, kucing akan mengikuti. Ia begitu menikmati waktu kebersamaan yang mungkin tak didapatkannya di siang hari. Kalau sudah begini, kadang si kucing disuruh keluar kamar pun gak mau karena ingin terus bersama. Nah, kalau memang konteksnya begini, memang gak salah jika setiap pemilik geer dibuatnya.