Sama seperti manusia yang tak seorang pun terlahir jahat, anjing pun tak ada yang terlahir galak. Meski anjing-anjing breed tertentu yang dianggap agresif, atau induk yang terlanjur agresif. Tetap saja anak-anak mereka adalah bayi-bayi anjing lucu yang tak mengenal kata ‘galak’. Seperjalanan waktu para bayi anjing akan belajar beradaptasi dengan kehidupan, baik lingkungan maupun perlakuan manusia. Dalam tahap itulah seekor anjing akan terbentuk karakternya dan didukung dengan sifat bawaan mereka berdasarkan ras atau breed.

Hasil gambar untuk dog doesn't listen
Photo. Paws Abilities

Pemilik mempunyai peran besar dalam membentuk karakter anjing. Maureen Murphy yang menjalankan bisnis penitipan anjing London Doggies di Hackey, UK, memberi gambaran anjing-anjing yang dititipkan padanya. Semua anjing tersebut memiliki orangtua, namun tak semua anjing berada di bawah kendali pemilik mereka. Kebanyakan justru pemilik pun tak sanggup mengendalikan mereka, malah cenderung mengikuti keinginan anjing. Padahal secara naluri anjing membutuhkan “pemimpin”, anjing dilahirkan untuk “mengikuti”, bukan sebaliknya.

Hasil gambar untuk dog refuse train
drsophiayin.com

Kegagalan pemilik dalam mengendalikan peliharaan mereka, dapat dilihat apabila anjing bersinggungan dengan lingkungan. Anjing yang terkendali akan mengingat pelajaran atau latihan-latihan yang diajarkan orangtuanya, namun kebanyakan anjing justru mengambil keputusan sendiri saat tak bersama orangtuanya. Keputusan itu bisa dipicu oleh rasa takut, stres, cemas, dan lainnya. Output-nya bisa beragam, anjing agresif, bersembunyi, kabur, panik, tak mendengarkan perintah dan lainnya. Sayangnya Murphy lebih sering melihat anjing dengan kondisi tersebut, dibanding anjing terlatih dan terkendali.

Hasil gambar untuk dog hide
mnn.com

Mengenal karakter dasar anjing merupakan kunci utama yang harus dipelajari seseorang yang ingin memelihara anjing. Hingga saat ini masih banyak orang memelihara anjing dengan standar memberi makan, mengajak bermain, mengobati jika sakit, tetapi tidak melatih mereka dengan benar. Memanjakan dan memperlakukan mereka seperti manusia merupakan gambaran umum para pemilik anjing di masa sekarang. Padahal jika pemilik mau belajar lebih tentang dunia mereka, maka pemilik akan mampu memberi kebahagiaan sesungguhnya pada anjing.

Gambar terkait
care2.com