Menangis sering diasumsikan bukan sekedar mengeluarkan air mata, namun juga disertai perasaan sedih dan kepiluan. Padahal bisa saja keluarnya air mata merupakan kebutuhan biologis semata. Nah bagaimana dengan anjing? Apakah mereka juga mengeluarkan air mata untuk hal-hal emosional seperti manusia?

do dogs cry

1Apakah anjing memiliki air mata?

Hampir semua hewan dengan mata memiliki saluran lakrimal, atau saluran air mata. Maka mata anjing pun pasti mengeluarkan air mata, mereka menghasilkan basal dan refleksif. Air mata basal diproduksi dan dikeluarkan terus-menerus, tapi sangat lambat. Berguna agar menjaga mata tetap lembab. Sementara air mata refleksif berfungsi melindungi mata, dan mengalir lebih cepat guna merespon terjadinya iritasi atau alergi. Air mata anjing juga berfungsi untuk menjaga mata bersih dari gangguan dan benda asing.

2Apakah anjing menangis?

Sebenarnya sulit dipastikan apakah anjing menangis secara emosional sebagai penanda stress atau sakit, atau perasaan sedih seperti manusia, atau mereka menangis hanya sebatas kebutuhan biologis semata? Karena saluran air mata anjing tidaklah memiliki fungsi sama untuk alasan seperti manusia menangis. Anjing tidak memanifestasikan emosi secara lahiriah dengan menangis. Namun bukan berarti anjing selalu tabah dan tak ‘berperasaan’, hanya saja mereka mengekspresikan hal-hal psikologis dengan cara berbeda-beda. Mungkin saja satu dari jutaan anjing melakukannya, tapi itupun sulit untuk dipastikan.

do dogs cry

3Apakah anjing merintih, melolong, atau merengek dapat diartikan menangis?

Suara anjing merintih, melolong, dan rengekan sering dikaitkan dengan emosi anjing. Menurut Dr. Eric Barchas, ekspresi vokal anjing, merengek khususnya, belum tentu terkait dengan kesedihan. Bisa saja reaksi naluriah anjing seperti berteriak bila ekornya terinjak, tapi mereka tak akan melakukannya terus menerus. Bila kekagetan atau nyerinya hilang maka akan berhenti, anjing tidak akan melakukannya berulang-ulang dalam menanggapi sakit kronis. Suara anjing tersebut cenderung berorientasi pada ekspresi kebutuhan atau keinginan, sehingga dikategorikan sebagai suatu komunikasi, bukan emosional. Jangan dilupakan juga bahwa anjing belajar berperilaku, bila manusia yang dekat dengannya merengek atau merintih terhadap suatu keadaan, maka mereka bisa saja melakukan serupa untuk menanggapi situasi tertentu.

4Apakah anjing menanggapi air mata manusia?

Karena anjing tidak mengekspresikan kesedihan, kerinduan, kehilangan, marah, atau sukacita melalui saluran air mata, maka mereka tidak mengartikan air mata manusia sebagai kesedihan. Anjing tak bisa dibohongi, mereka akan menanggapi energi kesedihan atau kesakitan manusia tanpa harus melihat air mata. Anjing mengenal kepedihan, penderitaan, kesakitan, kecemasan, ketakutan dan hal negatif lainnya karena mereka merasakannya, sehingga mereka memiliki empati yang tinggi untuk menangkap energi tersebut dari orang-orang sekitarnya. Dan anjing akan memberikan kasih sayangnya pada orang-orang yang mereka cintai untuk kembali positif.