Banyak foto dan video yang merekam kegiatan anjing sedang menonton TV. Mereka seolah benar-benar menikmati tayangan yang disaksikan, bahkan terpengaruh secara emosional. Masih ingat bukan anjing bernama Maylo yang penakut tapi hobi nonton film horor? (lihat. “Maylo, anjing penggemar film horor, yang terpaku dan sembunyi kemudian”). Selain Maylo, masih banyak anjing yang tampak menikmati tayangan televisi, terutama tayangan seputar hewan dan sesama anjing. Benarkah anjing bisa menonton TV dan menikmati kegiatan tersebut layaknya manusia?

barkpost.com

Anjing disebut-sebut sebagai hewan buta warna. Padahal tidak sepenuhnya demikian. Mereka hanya tidak bisa melihat warna merah. Sementara jika manusia mengenal istilah hitam-putih, di dunia anjing mereka mengenal biru-kuning.

Seorang dokter hewan sekaligus peneliti perilaku anjing dari Tufts University, Nicholas Dodman, menyatakan bahwa anjing justru memiliki kemampuan memproses visual lebih cepat dari manusia. Sehingga pergerakan frame dalam tayangan televisi justru terlihat lamban bagi mereka. Warna pun tak ter’transfer’ seperti dalam pandangan manusia. Hmm.. kalau dikira-kira, visual yang ditangkap anjing saat menonton tv itu seperti manusia menonton tayangan tv di tahun 20-an deh.

Do Dogs Really “Watch” TV?
barkpost.com

Satu hal yang justru berperan besar bagi anjing saat menonton tv adalah audio. Pendengaran anjing begitu tajam sehingga mereka bisa mendengar segala emosi atau pergerakan dalam tayangan tersebut. Itu sebabnya anjing akan melonjak girang ketika mendengar suara riang di tv atau ikut menggeram ketika suara mulai menyeramkan. Audio sangat berperan dalam membangun emosi anjing, dibanding visual.

Itu sebabnya ketika dalam penelitian anjing diberi tiga macam tayangan televisi, dia tak bisa menentukan pilihan untuk menonton yang mana. Tetapi saat dilengkapi dengan suara, anjing cenderung memilih tayangan yang bisa membuatnya gembira. Termasuk kata-kata pujian dalam film dapat ditangkap oleh mereka secara baik, maka jangan heran jika anjing suka menonton film tentang anjing, dimana kata “Good dog!” sering terdengar. Atau suara gonggongan yang tentunya sangat mereka pahami.

barkpost.com