Bila melihat Tonkey, anjing usia 4 bulan milik Christine Park yang sangat terkenal di instagram karena fotonya yang lucu-lucu, pasti gak bisa membayangkan bagaimana anjing selucu dan seimut Tonkey bisa menjadi anjing petarung serta dijadikan penjaga kerajaan.

Tonkey adalah jenis anjing Shar Pei yang memiliki banyak lipatan atau keriput di badannya. Bertelinga kecil dan mata melesak ke dalam. Sekilas ia tampak seperti boneka beruang sehingga orang sangat gemas melihatnya, apalagi jika didandani. Lipatan pada anjing Shar Pei akan perlahan hilang bila ia beranjak dewasa, sifatnya cenderung pemalas. Tetapi di jaman dahulu, anjing Shar Pei justru sangat diandalkan oleh kerajaan Cina, tempat mereka berasal.
Dengan tubuh banyak lipatan memungkinkan anjing shar pei membalikkan badan sangat cepat untuk menggigit dan menyerang meski kulitnya sedang dicengkeram. Telinganya yang kecil menyulitkan untuk dipegang, matanya pun terlindungi karena tidak menonjol keluar. Maka shar pei menjadi anjing penjaga dan pengabdi kerajaan. Secara tidak langsung hal tersebut membuktikan dibalik sifatnya yang malas, anjing shar pei merupakan anjing setia yang sanggup menjaga keluarga.

Suatu hari nanti Christine Park pasti akan lebih bangga pada Tonkey, saat kecil ia begitu imut menggemaskan dan saat dewasa Tonkey pasti akan menjaga keluarga pemiliknya, seperti sifat nenek moyangnya dahulu di Guangzhou Cina.