Gak perlu kaget apalagi memarahi anjing saat mereka dengan riang gembira berguling-guling di tempat kotor, bahkan di lumpur sekalipun. Padahal bisa jadi mereka baru saja selesai mandi. Anjing sama sekali tidak memikirkan soal kebersihan seperti yang ada di benak manusia. “Menggulung” diri di tempat kotor dan berbau justru penting bagi anjing. Agar memaklumi perilaku mereka, pemilik anjing sebaiknya mengetahui alasan dibalik kegiatan anjing tersebut.

Image result for dog roll on dirt
youtube.com

Kamuflase aroma

Sejak hidup berkelompok di alam bebas, nenek moyang anjing, yakni serigala, menggunakan lumpur kotoran hewan buruan untuk mengkamuflase aroma. Mangsa yang mencium bau serigala akan segera lari, namun mereka akan lengah apabila aroma sang predator tak tercium. Kebiasaan serigala tersebut dilakukan pula oleh anjing hingga saat ini, meski anjing tidak bertujuan untuk memangsa hewan lain.

Komunikasi

Aroma adalah salah satu alat bagi hewan untuk berkomunikasi dengan sesamanya, bahkan hewan lain. Bagi serigala, melumuri diri dengan bau, terutama di bagian kepala dan leher, merupakan cara mereka untuk menyampaikan pesan pada kelompoknya yang berada di sarang. Dengan bau tersebut kawanan serigala mampu mengantisipasi segala ancaman dan kemungkinan perburuan di daerah tertentu. Tak jarang “pesan” yang dibawa membuat beberapa serigala mendatangi asal bau untuk mengidentifikasi. Anjing pun melakukan hal serupa, yakni menyampaikan pesan pada anjing lain atau pemiliknya bahwa ia telah mendatangi tempat dengan bau yang menempel di badannya.

Image result for dog roll on mud
dogster.com

Rangsangan otak

Penciuman anjing yang sangat tajam membuat mereka mudah tergoda dengan bau. Apalagi bau sesuatu yang baru. Bau mampu merangsang otak anjing untuk menggerakkan anjing mendatangi bau dan berguling-guling di tempat asal bau tersebut. Itu sebabnya anjing sering kali berguling di kasur baru, selimut habis dicuci, lantai yang baru dipel, dan lain-lain. Bahkan di benda atau tempat dengan bau yang menjijikan sekalipun.

Related image
dailymail.co.uk