Rambut putih atau uban sering diidentikan dengan usia tua pada manusia. Sementara pada anjing, uban identik dengan masalah psikologis, terutama stres. Uban juga tidak selalu berwarna putih, bagi anjing perubahan warna bulu menjadi putih atau keperakan atau juga memucat dapat dikategorikan sebagai uban. Melalui jurnal Applied Animal Behaviour Science, peneliti Camille King, mengungkapkan uban mulanya akan tumbuh pada moncong anjing yang mengalami kecemasan atau memiliki perilaku impulsif. Sumber dari hal tersebut adalah anjing merasa tidak bahagia, atau tertekan dalam hidupnya.

blog.justanswer.com

Dalam studi tersebut juga terungkap bahwa uban tidak bersumber pada hal medis, maupun jenis anjing. Tidak berhubungan pula dengan sterilisasi pada anjing, dan usia anjing. Murni faktor psikologis menjadi penyebabnya. Didapati anjing betina ternyata lebih memiliki kecenderungan beruban dibanding anjing jantan.

Hasil gambar untuk Tingkat Kecemasan Tinggi Sebabkan Anjing Cepat Beruban
nationalgeographic

Para pemilik anjing dapat mengidentifikasi kemungkinan anjing beruban dengan memerhatikan perilaku mereka. Misalnya mengukur tingkat kecemasan melalui ketakutan anjing saat ditinggal sendirian di rumah, atau anjing kerap merusak barang-barang, tingkat kerontokan bulu padahal mendapat perawatan yang baik, kemampuan anjing adaptasi di tempat baru, bersembunyi saat bertemu orang asing. Selain itu juga melihat tingkat impulsif mereka, misalnya anjing sulit ditenangkan, hiperaktif saat latihan, menerjang orang, dan sering kehilangan fokus. Hal-hal tersebut dapat menjadi sumber “hadirnya” uban pada anjing.

Hasil gambar untuk Tingkat Kecemasan Tinggi Sebabkan Anjing Cepat Beruban
nationalgeographic

Meski demikian, hendaknya pemilik tidak salah dalam mengidentifikasi perubahan warna bulu anjing, karena pertambahan usia juga mampu menjadi pemicunya meski perubahan yang ditimbulkan berbeda. Anjing lanjut usia, meski warna bulu mereka kadang memudar namun tetap tampak lebih cerah dibanding uban.

Hasil gambar untuk happy senior dog
dailydogtag.com