RachelQueen adalah nama akun imgur yang membagi kisah tentang seekor kucing bernama Lu. Sekitar 7 bulan lalu, RachelQueen mendengar tangisan seekor anak kucing tanpa induk. Ketika itu hari telah menjelang tengah malam, terbayang si kucing kecil pasti kedinginan, kelaparan dan putus asa. RachelQueen tak kuasa membiarkannya. Maka ia melupakan alergi bulu kucing yang selama ini diidapnya demi menolong kucing mungil yang sejak itu dipanggil Lu.

imgur. RachelQueen

Sedari kecil RachelQueen selalu menjauhi kucing karena bulu kucing menyebabkan alergi padanya. Namun setelah bertemu Lu, lama kelamaan ia menyadari pemahaman yang salah tentang bulu kucing. Secara medis, sebenarnya bulu kucing bukan penyebab langsung dari reaksi alergi pada seseorang.

imgur. RachelQueen

Umumnya bahaya bulu kucing disebabkan oleh infeksi melalui air liur kucing, kulit, dan urin. Seperti diketahui, kucing membersihkan diri dengan menjilat diri sehingga bulunya ‘terkontaminasi’ air liur. Namun kekebalan tubuh manusia saat berinteraksi dengan kucing pun memegang peranan akan timbulnya alergi. Adapun reaksi alergi biasanya menimbulkan gejala seperti flu. Beberapa reaksi lain, diantaranya mata gatal, bersin, pilek, tekanan pada sinus, bahkan memicu kondisi asma.

imgur. RachelQueen

Melalui pemahaman yang cukup, orang-orang yang rentan akan alergi sebenarnya dapat memelihara kucing. Cara menanggulangi pemicu alergi pun mudah, yakni menjaga kebersihan serta kesehatan pribadi dan kucing peliharaan. Sederhananya, mencuci tangan setelah memegang kucing, merawat kesehatan agar sistem kekebalan tubuh terjaga, rajin membersihkan rumah, memberi batasan ruang pada kucing. Sementara dari sisi pemeliharaan, kesehatan kucing harus terjaga baik agar bulu tidak mudah rontok. Salah satunya, rajin menyisir kucing. Sering bermain dengan kucing agar kucing tak mengalami stres yang dapat memicu kerontokan.

imgur. RachelQueen

Kini usia Lu sudah menginjak 7 bulan, tidak satu kalipun RachelQueen mengalami gangguan alergi akibat Lu. Kehidupan bahagia RachelQueen dan Lu telah menginspirasi banyak orang yang merasa diri alergi terhadap bulu kucing untuk mencoba memelihara dan mendapatkan manfaatnya. Selain keberadaan kucing dapat menjadi terapi jantung dan penghilang stres bagi pemilik, jangan sampai hanya karena kurangnya pengetahuan malah kehilangan kesempatan untuk merasakan kebahagiaan dari persahabatan dengan kucing. Meoong…

imgur. RachelQueen