Semua anjing pintar, tetapi ada anjing yang terlahir istimewa dengan anugerah kepintaran sejak lahir. Coba perhatikan anjing peliharaan di rumah, atau coba tantang mereka menyelesaikan beberapa kasus. Bila seekor anjing memiliki 7 tanda berikut dalam kesehariannya, Dr Jennifer Coates- dokter hewan dan pakar perilaku hewan, serta Debby McMullen-pelatih anjing dari Pennsylvania, menyatakan bahwa anjing tersebut genius!

Hasil gambar untuk smart dog
ScienceBlogs

7Mampu mencari sesuatu dengan cepat

Saat disuruh mencari sesuatu, anjing mampu mengidentifikasi perintah dengan cepat dan mengeksekusi tanpa salah. Ia juga mampu mengembalikan benda yang diambil atau berserakan, kembali pada tempat semula. Wow!

6Berusaha berkomunikasi

Anjing berusaha berkomunikasi dengan manusia untuk menyampaikan hal-hal sederhana, seperti memberitahu sesuatu atau mengungkapkan keinginan. Mereka akan berupaya menyelaraskan bahasa isyarat dengan kemampuan berpikir manusia, namun sayangnya manusia sering kali tak berupaya keras untuk menyatukan komunikasi yang disampaikan, sehingga tetap tidak mengerti.

5Cepat bosan

Jangan dulu marah bila anjing mengacak-acak rumah, bisa saja hal tersebut menandakan kebosanan anjing atas lingkungan yang membosankan. Para anjing pintar butuh tantangan baru yang untuk membuat hidup mereka bergairah, sehingga mainan pun akan cepat dilupakan. Mereka butuh mainan atau kegiatan interaktif, misalnya bermain petak umpet atau teka teki anjing, atau bertualang menikmati lingkungan baru dan situasi yang menantang.

3. Getting into trouble
Image: Lisa5201 / via Thinkstock

4Membutuhkan tantangan

Bila anjing mulai sering gelisah, bosan, bahkan frustasi dengan mainannya, mungkin saja ia adalah anjing pintar yang membutuhkan tantangan permainan. Sekaligus membutuhkan kreativitas pemilik untuk membangun situasi dimana anjing merasa tertantang. Sederhananya, sembunyikan mainan di tempat yang sulit ditemukan. Tapi bila ternyata anjing tak mampu menemukannya, jangan langsung berpikir bahwa anjing bodoh. Dia hanya memiliki tingkat kepandaian berbeda 🙂

3“Dognition”

Semacam tes kognisi pada manusia, berhubung anjing maka disebut “Dognition” 🙂 Kegiatannya berupa aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa, yang kesemuanya itu bisa diartikan sebagai tingkat kecerdasan. Menyesuaikan program latihan anjing dengan kemampuan kognitif dapat menunjukkan seberapa cerdasnya anjing.

2Kemampuan mengamati yang baik

Sederhananya, sembunyikan satu benda (bukan makanan) dalam cangkir tertutup di antara dua cangkir lainnya, lalu pindahkan dengan cepat. Sanggupkah anjing menemukan benda tersebut? Apabila anjing memiliki pengamatan yang baik, dalam hitungan detik ia akan tahu di cangkir yang mana benda disembunyikan. Pengamatan berbeda dengan daya ingat, karena anjing tak akan mampu mengingat apapun jika tak tidak memiliki pengamatan yang cermat.

6. Finding a hidden treat
Image: James Pintar / via Thinkstock

1Memiliki solusi

Bahkan untuk hal yang nakal sekalipun, seperti membuka kulkas atau menyelinap keluar rumah, dan lainnya. Saat anjing ingin melakukan sesuatu, apapun itu, namun menemukan hambatan, maka ia akan mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Bahkan ia tak putus asa bila gagal, anjing pintar akan terus mencoba berkali-kali dengan cara beragam sampai ia berhasil. Ckckck..