Semua pemilik kucing bahkan orang yang tak suka kucing pun pasti tahu bahwa kucing senang sekali tidur. Maka tidaklah salah jika tidur dianggap salah satu kegiatan favorit kucing. Berikut beberapa fakta menarik tentang tidur si meong… sttt…

Image result for sleeping cat
nuly.dvrlists.com

1Kucing menghabiskan 2/3 dari hidup mereka untuk tidur

Jangan khawatir jika kucing kebanyakan tidur, karena hal tersebut sangatlah normal dan sehat bagi kucing. Bahkan menurut penelitian, kucing sanggup tidur selama 16-20 jam per hari!

2Kucing dapat tidur nyenyak, juga “bermimpi”

Sama seperti manusia, kucing juga dapat tidur nyenyak atau non-REM, ditandai dengan denyut jantung serta frekuensi pernapasan stabil juga lambat, dan tekanan darah yang rendah. Kucing pun bisa terganggu tidurnya atau REM, pada manusia biasanya ditandai dengan mimpi. Sementara pada kucing bisa dilihat saat tubuh atau wajah mereka berkedut.

3Kucing selalu waspada, bahkan ketika mereka sedang tidur

Kucing terlahir untuk dapat melawan atau melarikan diri kapanpun, bahkan ketika mereka sedang tidur. Jika menyentuh kucing saat dia jauh di tidur REM, biasanya mereka akan bereaksi cepat untuk terbangun dan mengambil tindakan, bahkan tiba-tiba menyerang.

4Kucing lebih sering tidur di siang hari

Sejak dari nenek moyang kucing, kegiatan tidur lebih sering dilakukan di siang hari karena mereka akan berburu sepanjang malam. Insting dan pendengaran yang tajam, serta kemampuan melihat kucing memudahkannya memburu mangsa di kegelapan. Namun siklus tersebut dapat berubah pada kucing peliharaan.

Hasil gambar untuk cat sleep
www.petful.com

5Tidur membantu kucing menghemat energi

Banyak tidur membantu kucing menghemat energi yang akan mereka kerahkan maksimal pada saat berburu atau bermain. Maka kucing rumahan kerap kali bermasalah dengan obesitas akibat energi tak tergunakan secara optimal.

6Cuaca berpengaruh pada kebiasaan tidur kucing

Jika manusia merasa mengantuk saat hujan, kucing pun demikian. Cuaca sejuk dan dingin membangun rasa kantuk pada kucing, maka jangan heran melihat kucing terkantuk-kantuk. Cuaca dan lingkungan sangat memengaruhi hasrat untuk tidur.

7Kucing juga mendengkur

Dengkuran merupakan akibat dari posisi berbaring dimana obstruksi parsial jalan napas. Beberapa keturunan kucing, seperti Persia dan Himalayan lebih rentan mendengkur dibanding kucing lain karena bentuk wajah mereka menghasilkan masalah pernapasan. Namun tak selamanya dengkuran kucing menandakan gangguan pernapasan, karena kucing biasa tidur mulut terbuka guna memperlancar aliran napasnya. Namun jika terlalu sering mendapati kucing mendengkur apalagi disertai batuk dan bersin, hendaknya berkonsultasi pada dokter.

Hasil gambar untuk cat sleep mouth open
attackofthecute.com