Memelihara hewan sebenarnya sama juga dengan memelihara kesehatan, karena beberapa penelitian menyatakan bahwa hewan memberi efek positif untuk kesehatan, diantaranya seperti mengurangi stres dan menyehatkan jantung. Apalagi kelilma hewan yang dilansir kompas.com berikut ini, 

1. Anjing
Memiliki anjing memengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol dan trigliserida jadi lebih rendah, juga menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian yang dipublikasikan Health Journal of Physical Activity and Health tahun 2011 menunjukkan 34 % pemelihara anjing lebih dapat memenuhi kebutuhan aktivitas fisik mereka. Selain itu, aksi menggemaskan anjing juga meningkatkan suasana hati jadi lebih baik. Tak heran jika penulis Chicken Soup for the Pet Lover Soul, Marty Becker mengatakan, begitu banyak yang telah dilakukan anjing untuk membuat bahagia dan memperpanjang usia. “Cukup dengan membelai anjing, sama seperti perawatan spa,” kata dokter Becker. Dalam waktu satu sampai dua menit, dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin yang akan membuat suasana hati bahagia.

2. Kucing
Kucing juga merupakan hewan lucu yang menggemaskan. Sama seperti anjing, memelihara kucing juga dapat menghilangkan stres dan tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan University of Minnesota, orang yang tidak pernah memelihara kucing memiliki risiko 40% lebih tinggi terkena serangan jantung dibanding yang memiliki kucing.

3. Ikan
Menurut Becker, melihat ikan berenang memiliki efek sama seperti mendengarkan musik. Perhatian akan teralihkan ke dalam sesuatu yang lebih baik. Suatu penelitian pernah menunjukkan, pasien yang menjalani operasi gigi, jika menatap akuarium ikan selama 20 menit dapat efektif menurunkan tingkat stres. Melihat ikan berenang-renang membuat seseorang seperti dihipnotis. 

4. Burung
Tak sedikit pula manusia yang memelihara burung. Menurut Gregg Takashima, pimpinan American Association of Human-Animal Bond Veterinarians, keberadaan burung dapat memengaruhi kesehatan orang yang memeliharanya juga baru diakui. Sama halnya sepeti kucing dan anjing, burung juga bisa menciptakan kesenangan ketika berinteraksi dengan makhluk indah tersebut.

5. Kuda
Dilihat dari ukuran dan kekuatannya, kuda sudah pasti lebih besar dibanding hewan peliharaan lainnya. Menurut Brecker, seseorang bisa mengontrol masalah dalam hidup ketika dihadapkan pada makhluk yang lebih besar. Tak heran jika kuda sering dijadikan sebagai terapi penyembuhan. Menurut sebuah penelitian tahun 2014, kuda dapat mengurangi hormon stres pada anak-anak. Menunggang kuda juga membantu mengontrol diri dan menjaga keseimbangan.

Selain kelima hewan tersebut, pastinya masih banyak hewan lain yang memberikan sisi positif dalam kehidupan manusia.