Gambar terkait
thespruce.com

48 Jam Pertama

Saat lahir, secara umum bayi kucing kecil memiliki berat tiga atau empat ons. Meski begitu kecil, anak kucing memiliki indera penciuman yang mampu memandu mereka menemukan puting induknya untuk menyusu. Anak kucing yang sehat mulai menyusu dalam waktu satu jam sejak kelahiran. Melalui air susu sang induk, kucing menerima antibodi yang memberi kekebalan bagi tubuh mereka dari penyakit. Namun antibodi alami tersebut hanya bertahan selama beberapa minggu saja, sehingga diperlukan vaksinasi agar kucing terhindar dari risiko penyakit .

Selama 48 jam pertama kehidupannya, bayi kucing tertidur dengan kepalanya terselip di bawah dadanya. Selain menyusui, anak kucing akan melakukan “tidur aktif”, dimana mereka akan sering berpindah, menendang, menyentak dan merintih. Hal tersebut terjadi karena secara alami mereka mengembangkan otot, layaknya berolahraga.

Suhu Tubuh

Bayi kucing harus memiliki suhu tubuh yang sama dengan induknya. Meskipun suhu tubuh mereka menurun saat kelahiran, namun suhu tersebut akan naik kembali ketika bayi kucing meringkuk dalam dekapan induknya. Proses mengembalian suhu tubuh tersebut terjadi sekitar 30 menit setelah kelahiran. Sangat penting bagi anak kucing untuk tetap hangat dan berada dalam suhu tubuh 35 sampai 37 derajat celcius selama tiga minggu pertama kehidupan mereka.

Induk kucing memberi peran besar dalam membantu anak-anaknya mendapatkan suhu tubuh ideal, selanjutnya mereka mampu menjaga suhu tubuh sekitar 10 derajat suhu ruangan. Maka pastikan kotak tempat tinggal anak kucing memiliki suhu 25 sampai 32 derajat celsius selama minggu pertama kehidupan mereka. Kemudian bisa diturunkan sekitar 5 derajat setiap minggu sampai si anak kucing mampu untuk menjaga suhu tubuh mereka sendiri tanpa induk. Kedinginan adalah bahaya terbesar bagi anak kucing.

3 Minggu Pertama

Anak-anak kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Mereka terjaga hanya untuk sesi menyusui yang bisa bertahan hingga 45 menit. Induk kucing secara naluriah tahu bagaimana memberi makan dan merawat bayinya, serta menjaga tempat tinggalnya tetap bersih. Induk kucing juga merangsang refleks eliminasi anak kucing dengan menjilati rektum dan perut masing-masing anak.

Anak kucing yang baru lahir tidak dapat mendengar atau melihat. Saat lahir, mata dan saluran telinga mereka tertutup. Kanal telinga mulai terbuka saat berusia antara lima sampai delapan hari. Telinga kecil mereka, yang dilipat saat lahir, mulai berdiri dan benar-benar tegak pada bayi kucing berusia tiga minggu. Sementara mata anak kucing mulai terbuka saat mereka berusia sekitar delapan hari dan terbuka seluruhnya selama enam hari berikutnya. Mata anak kucing yang berbulu panjang lebih lama terbuka maksimal dibanding kucing berbulu pendek. Adapun warna mata akan berubah secara bertahap dan mencapai warna permanen di minggu ke-12

kittenrescue.org

Berdiri dan Berjalan

Umumnya, anak-anak kucing mulai merangkak dan mencoba berdiri saat mereka berusia sekitar 14 hari. Biasanya dibutuhkan waktu dua atau tiga hari lagi agar anak-anak kucing kecil berdiri tegak. Begitu mereka berhasil, banyak anak kucing mungkin mencoba memanjat keluar dari kotak mereka. Dalam seminggu lagi, anak-anak kucing akan berjalan, bermain dan berlari. Mereka mulai benar-benar menikmati indahnya hidup sebagai kucing.