Para pemelihara kucing tentu saja ingin si pus merasakan bahagia seperti yang dirasakan pemiliknya, namun tak selamanya bahagia disampaikan melalui kata-kata, bukan? Maka kucing yang bahagia umumnya akan menunjukkan 14 hal berikut

Mendengkur (purring)
Kadang juga orang bilangnya “ker ker”, suara kucing yang seperti mesin itu lho:) Suara tersebut bisa menjadi penanda bahwa kucing dalam stamina prima, atau dia merasakan kenyamanan, atau juga merasakan bahagia.

Berguling
Tak jarang kucing menggulingkan diri tanpa sebab, ke kanan dan kiri, lalu berhenti berguling dengan perut yang menggoda untuk digelitik. Kadang juga mereka melakukan itu di kaki pemiliknya. Naahh.. itu tanda mereka sedang good mood dan happy 🙂 Maka gak marah kalau digelitikin perutnya juga 😀

Menyundulkan kepala
Sering melihat sesama kucing membenturkan kepala dengan lembut? Atau menyudulkan kepala pada pemiliknya. Itu ekspresi kebahagiaan dan rasa sayang, kadang kala mereka pun menjilat. (baca “Alasan kucing ‘membenturkan’ kepala pada pemiliknya dan rahasia untuk ‘memiliki’ mereka”)

Menggaruk
Kadang kesal juga jika kucing menggaruk perabotan atau tempat yang tak seharusnya, namun bagi mereka hal tersebut merupakan ungkapan rasa bahagia. Bahkan jika mereka melakukannya di tempat dimana pemiliknya sering berada, itu pertanda mereka bahagia dengan orang yang saat ini mereka tengah bersama.

“Memijat”
Menggerakan kaki depan seperti berbaris dengan tekanan lembut atau yang sering orang sebut “pijatan” kucing di badan pemiliknya, merupakan pertanda lain jika mereka bahagia. Itu yang dilakukan anak kucing ketika menyusu pada ibunya, selain membantu mengeluarkan air susu, juga sebagai berntuk kebahagiaan.

Memberi hadiah
Jika mereka tak bahagia, tentu mereka tak ingin memberi, dan pemberian tersebut dilandasi rasa cinta dari mereka pada pemiliknya. Maka mereka akan ‘menggondol’ benda hasil buruan atau benda yang mereka senangi untuk diletakan di dekat pemilik mereka. (baca “Kucing Memberi Sesuatu Pada Pemiliknya, Bukan Selalu Ungkapan Cinta Dan Tidak Selalu Berupa Tikus”)

Senang bermain
Keinginan mereka untuk bermain sangat tinggi apabila mereka  dalam suasana hati bahagia, dan alangkah lebih baik jika pemilik ikut bermain bersamanya. Kucing bukan hewan penyendiri, mereka juga senang ditemani dan bermain bersama.

Tidur di pangkuan
Banyak tempat di rumah namun mereka memilih pangkuan pemiliknya sebagai tempat tidur, karena mereka merasakan kenyamanan sangat berbagi kehangatan dengan sang pemilik. Rasa nyaman merupakan salah satu indikasi perasaan bahagia mereka.

Pandangan mata
Saat kucing mendekatkan wajah pada pemiliknya dengan mata bulat berbinar, pertanda mereka sangat percaya pada seseorang di hadapannya. Kepercayaan besar dari kucing berasal dari cinta dan kebahagiaan yang mereka rasakan. (baca “Dibalik tatapan tajam mata kucing: bisa saja tanda penyakit atau malah wujud dari rasa cinta”)

Gerakan ekor
Perhatikan ketika kucing menghampiri dengan ekor tegak lurus ke atas, kemudian sedikit turun saat sudah berada dekat. Demikian anak kucing ketika menyambut induk mereka, dan itu juga yang mereka lakukan ketika menyambut seseorang yang menjadi favorit mereka 🙂

Mengeong
Jarang sekali sesama kucing berinteraksi dengan suara, justru mereka mengeong untuk berkomunikasi dengan orang yang mereka sayangi. Saat akan makan mereka mengeong bukan? Ya, mereka lapar, tetapi mereka juga bahagia karena tahu bahwa pemiliknya akan memberi makan. (baca “Seandainya Kucing Bisa Ngomong, Tentu Mereka Berharap 10 Hal Ini Dimengerti Manusia”)

“Memberi” pantat
Kesannya pasti tidak sopan bila kucing tiba-tiba memberikan bokongnya ke wajah sang pemilik, namun membaui bokong adalah cara kucing membiarkan kucing lain untuk mengenalinya lebih jauh. Itu pula yang mereka lakukan pada pemiliknya, karena mereka merasa sudah mengenali sang pemilik, maka gantian dong sekarang mereka yang diendus.. hehe

“Mengencingi” (spraying)
Yang satu ini sering mengesalkan, namun itulah cara mereka menunjukkan kepemilikan atas wilayah, benda, maupun pemiliknya. Semakin mereka merasa memiliki, maka semakin bahagialah mereka. Tapi kalau gak segera dibersihkan kan bau juga yaa… :p

Grooming
Rasa sayang sesama kucing ditunjukan dengan mereka saling jilat, dan ketika memandikan tubuhnya sendiri pun menandakan mereka dalam keadaan sehat serta hati yang bahagia. Tak jarang mereka menjilat pemiliknya, menggigit, mengendus barang, meninggalkan bulu, sebagai tanda bahwa kebersamaan dengan pemiliknya membahagiakan mereka.