Manusia terkadang lupa bahwa hewan bukanlah sekedar hewan seperti pengertiannya sehingga dianggap tingkat kecerdasannya di bawah mereka. Tapi jangan salah, ada beberapa hewan yang memiliki tingkat kecerdasan ‘tidak biasa’ karena hewan-hewan ini beradaptasi dengan lingkungannya berjuta-juta tahun lamanya sehingga mampu memahami banyak kebiasaan. 

1. Gurita
Via enwikipediaorg 
Hewan berkaki delapan ini memiliki struktur otak mirip dengan manusia. Gurita menggunakan bagian khusus dari otaknya untuk mengenali bentuk visual yang berbeda dengan hewan jenis lainnya. Gurita selalu berusaha menghindarkan diri dari kebosanan, makanya mahluk ini senang bermain, salah satunya adalah puzzle. Kecerdasannya yang lain adalah bahwa mereka mampu menggunakan ‘alat’ ketika mengalami hambatan.

2. Tikus
Via rattenrattentumblrcom

Ada alasan kenapa para ilmuwan menggunakan tikus sebagai hewan percobaan, bukan karena hama yang harus dimusnahkan tetapi karena tingkat kecerdasan tikus sangat tinggi. Seringkali tikus berhasil mengelabui para ilmuwan. Di sisi lain, ketika ekperimen para ilmuwan menemui jalan buntu secara tidak sengaja tikus memberikan jalan keluarnya. Tikus dikenal memiliki insting yang tajam, bahkan ketika ada sinyal bahaya terdeteksi maka mereka akan menjauh. 

3. Tupai
Via enwikipediaorg

Tidak hanya lucu, hewan pengerat ini juga kreatif dalam menyembunyikan makanan dengan menggali lubang. Setelah sekian lama, mereka akan selalu menemukan lokasi dimana makanan itu dikubur meskipun telah tertutup salju. Masih kurang kreatif? Tupai tau bahwa banyak pengintai yang selalu siap mencuri makanannya, maka mereka akan berpura-pura mengubur ‘harta’ palsu untuk mengecoh para pencuri. Trik yang sama seperti manusia kan?

4. Burung Gagak
Via theanimalspics

Jangan dilihat penampilannya yang hanya berwarna hitam dan selalu dikaitkan dengan hal mistis. Burung gagak memiliki kapasitas otak yang lebih dibanding burung lainnya. Meskipun tak pandai menirukan ucapan orang seperti beo, tapi burung ini pandai menyembunyikan makanan dan memecahkan biji makanan dengan cara menjatuhkannya dari ketinggian. Yang cukup mengejutkan bahwa burung gagak bisa mengenali wajah manusia. Sepertinya itu salah satu alasan kenapa komik The Crow yang difilmkan menggunakan burung ini sebagai tokoh selain alasan mistis.

5. Berang Berang
Via enwikipediaorg

Berang berang atau kadang disebut dengan anjing air adalah hewan pemangsa daging seperti kerang, ikan, udang atau katak. Untuk membuka kerang mereka memanfaatkan batu untuk memecahkan cangkang dan terkadang menggunakannya untuk memilah duri atau tulang sebelum memakannya. Mereka juga suka menari atau lebih tepatnya melakukan gerakan seperti menari. Disamping itu, berang berang juga dapat dilatih sehingga bisa menjadi hewan peliharaan.

6. Babi 

Kepandaian hewan lucu ini mirip dengan anjing. Mereka hidup secara berkelompok, mulai dari makan hingga tidur pun selalu bersama. Walaupun suka bermain di lumpur tapi ketika harus buang air besar, mereka berusaha mencari tempat yang tidak berdekatan dengan lingkungannya. Seperti halnya anjing, babi juga suka merebut makanan dari sesamanya atau hewan lain dan mereka tidak pernah tersesat meskipun jauh dari ‘rumah’nya. Dan yang paling luar biasa bahwa babi selalu belajar dari kesalahan yang membuatnya tak akan mengulanginya lagi. 

7. Gajah
Via enwikipediaorg

Kecerdasannya sudah dibuktikan oleh negara Thailand. Hewan yang mampu mengekspresikan perasaan senang maupun sedih ini mampu mengerjakan pekerjaan rumit dan belajar dari lingkungan serta pengalaman. Lebih dari itu, kekuatannya juga dimanfaatkan untuk mengangkat dan membawa barang. Beberapa ilmuwan juga meyakini bahwa gajah mampu mengenali ratusan jenis suara dan mampu menirukan beberapa suara tersebut. 

8. Anjing
Via macwallhdcom
Anjing sepertinya memang dilahirkan untuk mendampingi manusia karena kesetiaannya sangat tidak diragukan. Mereka sangat patuh, bisa memahami perintah, daya penciuman yang tajam, bisa mengenali perasaan manusia dan satu lagi bahwa otak mereka bisa mengenali jutaan bau yang berbeda. Ada lagi yang mau ditambahkan?

9. Lumba-lumba
Via businessinsidercom

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lumba-lumba adalah ikan yang cerdas dan sering menjadi penyelamat manusia. Banyak hal menakjubkan mampu dilakukan olehnya selain melompat atau menangkap ikan seperti dalam pertunjukan sirkus. Lumba-lumba adalah hewan yang narsis! Mereka senang berkaca dan mengagumi tubuhnya sendiri. Yang paling mengesankan, ketika mereka tidur, separuh otaknya akan bekerja untuk menjaganya agar tidak tenggelam dan mendeteksi pemangsa yang mendekat. 

10. Monyet
Via thewestsidestorynet
Ini adalah satu-satunya hewan yang memiliki paling dekat relativitasnya dengan manusia, tak heran jika mereka bisa menirukan tindak tanduk dan kebiasaan manusia. Semua jenis monyet mampu belajar dari lingkungan dan berkomunikasi satu sama lain. Mengerjakan pekerjaan yang rumit bisa mereka lakukan termasuk memahami bahasa, salah satunya bahasa isyarat.  

Selain hewan-hewan diatas mungkin masih ada hewan lain yang terlewat dengan kepandaian luar biasa. Silakan tambahkan dalam komen ya 🙂