Faktanya kucing merupakan salah satu hewan peliharaan terpopuler dunia saat ini. Setiap kucing berkarakter unik. Untuk kita memahami dan membentuknya, diperlukan interaksi dengan kucing. Sering-sering ajak kucing bermain supaya terbiasa berinteraksi dengan manusia. Kenali betul tingkah laku dan kebiasaan kucing.

1. Kucing yang tinggal di dalam rumah, memiliki keterikatan yang kuat dengan pemiliknya.

2. Jumlah tulang kucing lebih banyak dibandingkan manusia. Kucing memiliki 230 tulang dan manusia hanya 206 tulang.

3. Pendengaran kucing lebih tajam ketimbang manusia. Kucing mampu mendengar hingga 65 khz. Sementara manusia hanya sampai pada angka 20 khz.

4. Pada saat malam, kemampuan melihat kucing enam kali lebih bagus dibandingkan manusia. Dengan kata lain, hewan ini hanya butuh 1/6 cahaya yang diperlukan manusia untuk melihat.

5. Seperti kebanyakan predator, kedua mata kucing menghadap ke depan, menghasilkan persepsi jarak dan mengurangi besarnya bidang pandang. Mata kucing mampu memandang hingga sudut 200 derajat.

6. Kucing tak perlu berkedip untuk membasahi bola matanya.

7. Kucing menghabiskan 30% dari waktu hidupnya untuk grooming. Jadi jika usianya 10 tahun, 3 tahun telah ia habiskan untuk membersihkan diri. Maka tak heran kucing termasuk hewan yang bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka.

8. Perilaku kucing sangat dipengaruhi lingkungan, menurut para ahli. Kucing yang terlalu dimanja oleh pemiliknya terkadang suka bertingkah terlalu kolokan. Perilaku “nyeleneh” diperlihatkan pula oleh kucing yang kurang bersosialisasi.

9. Ingin mengetahui suasana hati seekor kucing? Ini bisa dikenali dari gestur atau bahasa tubuhnya.

10. Kucing lebih merespon panggilan seorang wanita daripada pria. Disinyalir karena suara wanita cenderung lebih tinggi daripada suara pria.
(nationalgeographic)