Terkadang sulit mencegah anjing melakukan kebiasaannya karena sudah menjadi naluri mereka, dan ada alasan melakukannya. Dengan mengetahui alasan-alasan di belakang perilaku mereka, diharapkan pemilik mampu menyikapi agar kebiasaan tersebut tidak mengarah menjadi keadaan yang destruktif dan merugikan

1Mengunyah

Biasanya dilakukan anak anjing dalam proses pembentukan gigi, serta eksplorasi dunia baru mereka. Mengunyah juga baik bagi kesehatan gigi dan gusi, namun perhatikan benda di sekelilingnya. Jauhkan kabel, peralatan, sepatu dan lainnya yang bisa menjadi sasaran mereka. Berilah mainan yang mampu membantu kesehatan gigi dan mulut mereka, dengan mainan para anak anjing tidak akan mengunyah barang yang tak diperbolehkan untuk mereka.

2Menggigiti

Tak berbeda dengan mengunyah, menggiti pun sangat alami dan menyehatkan bagi anjing. Bahkan menggigiti sesama anjing dapat menjadi tanda keakraban antara mereka. Namun tidaklah dapat ditolerir bila mereka sudah menggigiti barang dan tangan pemiliknya. Memberikan mereka mainan yang nyaman untuk digigiti akan mempermudah untuk mengarahkan mereka tak menggigiti orang lain atau barang yang tak semestinya.

3Menggeram melindungi makanan

Meski wajar anjing melindungi makanannya dengan cara menggeram agar tidak direbut siapapun, namun tidak seharusnya pemilik mengalah. Mendiamkan mereka melindungi makanan sama saja dengan melegalisasi keadaan tidak aman di rumah, dimana mereka khawatir tidak mendapatkan makanan. Sebaiknya anjing rumahan percaya pada pemiliknya dan tidak cemas atas makanan.

4Menggonggong

Anjing selalu memiliki alasan saat menggonggong. Untuk alasan yang benar, misalnya ia melihat orang asing memasuki halaman rumah maka pemilik sebaiknya memuji tindakannya. Namun bila menggonggong berlebihan atau hanya karena ia takut dengan orang lewat, maka sebaiknya pemilik memberitahu bahwa gonggongan tersebut tidaklah perlu. Anjing akan segera mengetahui ada gonggongan yang dapat diterima oleh lingkungannya, tetapi ada juga yang tidak. Tidak selamanya pemilik harus mengalah dan mengikuti alasan anjing dalam setiap tindakannya. (baca juga. “[tips] Menghormati Tetangga Dengan Mengendalikan Gonggongan Anjing Peliharaan”)

5Menggali

Alasan anjing saat menggali seringnya didasari untuk menyembunyikan sesuatu yang ia anggap berharga, atau membuat “sarang” untuk tempatnya berbaring. Namun bisa juga karena anjing merasakan kebosanan. Meski menggali sangat alami bagi anjing, namun kenali alasan mereka dan cegah bila ia sudah memiliki tempat berbaring yang layak, atau beri kegiatan agar anjing tak frustasi dan bosan. (baca juga. “Anjing mulai menggali, merusak, dan perilaku nakal lain yang sebaiknya jangan dimaklumi”)

6Membongkar sampah

Biasanya dilakukan anjing saat pemiliknya tak berada di rumah. Bisa terjadi karena ia mencium aroma makanan dalam sampah, atau ia hanya melampiaskan kesendiriannya. Sebaiknya pemilik memiliki wadah sampah tertutup agar anjing tak terbiasa untuk membongkar, apalagi untuk meluapkan emosinya. Beri mainan interaktif selama bepergian, sehingga anjing tak memiliki alasan untuk membongkar sesuatu yang tak diperbolehkan untuknya.

7Melompat-lompat

Meski melompat adalah alasan anjing untuk mengekspresikan kegembiraan, tetapi memperbolehkannya hanya akan membuat anjing merasa sah untuk lompat pada siapapun, bahkan pada orang lain yang takut anjing. Tentu hal itu akan membahayakan. Melompat juga merupakan tingkatan awal anjing akan melonjak pada emosi kegembiraan yang sulit dikendalikan. Maka sebelum itu terjadi, ajarkan anjing untuk melompat jika diperbolehkan.

8Buang air sembarangan

Pemilik sering menganggap anjing nakal saat mereka buang air tidak pada tempatnya, padahal anjing memiliki alasan saat melakukannya, bahkan mereka tak dapat mengendalikan dorongan biologisnya tersebut. Anjing akan kehilangan kontrol kandung kemih mereka terlalu bersemangat, merasa terancam atau takut.

9Menarik tali kekang

Saat diajak jalan-jalan, terkadang anjing menarik tali kekang seperti membawa pemiliknya. Padahal seharusnya sang pemiliklah yang memegang kendali, dan membiasakan anjing tetap tenang berjalan di samping menyelaraskan langkah dengan pemiliknya. Alasan anjing menarik-narik tali kekang adalah kehilangan konsentrasi akibat merasa tidak nyaman, dimana ia sebenarnya membutuhkan ‘pemimpin’

10Merengek terhadap makanan

Pemilik sering kali tak tega sangat anjing merengek meminta makanan, namun memberinya makan dalam kondisi seperti itu hanya akan membuat anjing mengulangi sikapnya lagi dan lagi. Jelas, alasan anjing merasa lapar dan tergoda makanan. Namun pemilik semestinya mengerti kebutuhan makanan mereka dan tidak memberi di luar jadwal makan, apalagi memberi makanan manusia yang tak sehat untuknya.