Di setiap minggu keempat bulan November, penduduk Amerika merayakan hari Thanksgiving sebagai ungkapan syukur di akhir masa panen. Perayaan tersebut masih berlangsung hingga saat ini dan ditandai dengan makan bersama seluruh anggota keluarga. Pria bernama Malik Von Saint yang tinggal di Buffalo, New York, pun melakukannya. Tak ketinggalan Cannoli, anjing adopsi yang menjadi bagian keluarga Malik sejak dua tahun lalu.

chefs cook thanksgiving meals for shelter dogs
Photo. Malik Von Saint

Malik menyadari tak bisa menolong semua teman Cannoli, tetapi ia tak melupakan mereka. Malik ingin semua anjing dapat merasakan nikmatnya memiliki keluarga, meski tidak berada di dalam rumah. Penampungan adalah rumah mereka saat ini. Maka sesuai dengan profesinya sebagai chef di sebuah hotel, Malik sengaja memasakkan makanan istimewa bagi semua “anggota” keluarganya di penampungan City of Buffalo Animal Shelter untuk merayakan Thanksgiving bersama.

chefs cook thanksgiving meals for dogs and cats
Photo. City of Buffalo Animal Shelter

Setiap menu juga disajikan dengan istimewa di atas piring. Tampilannya pun seperti hidangan mewah di hotel, bahkan dinamai keren pula oleh chef Malik. Sebut saja crème glacée de woof, yaitu ayam sous-vide dilengkapi kentang manis panggang, nasi basmati, dengan hiasan brokoli. Sebelumnya para anjing disuguhi daging tartare, yakni sajian daging mentah tanpa lemak dicincang lembut dan telur mentah di atasnya sebagai topping. Di Selandia Baru, menu tersebut biasanya disuguhkan di acara besar atau untuk menjamu tamu kehormatan. Wah.. wah!

Photo. Malik Von Saint

Chef Malik juga menyediakan es krim buatan sendiri dengan bahan yang aman bagi anjing sebagai makanan penutup. Tidak hanya anjing, para kucing yang tinggal di penampungan juga mendapatkan menu istimewa. Diantaranya Le Chats Paradis, berupa ikan tanpa minyak atau mentega ekstra. Serta Le Gateau Cattier, yakni catnip kesukaan kucing dalam bentuk cupcake mini.

chefs cook thanksgiving meal for dogs and cats
Photo. City of Buffalo Animal Shelter

Seluruh penghuni penampungan, 60 kucing dan 60 anjing, tidak hanya ‘ditraktir’ bersantap istimewa oleh Chef Malik di hari Thanksgiving, lebih dari itu, mereka benar-benar merasa seperti berada di lingkungan keluarga yang begitu memanjakan. Kerry Neaf, ketua penampungan City of Buffalo Animal Shelter menyatakan Chef Malik membantu para hewan untuk kembali bersemangat menapaki hari-hari di penampungan. Sejak tahun pertama Chef Malik melakukan kegiatan tersebut, puluhan anjing dan kucing telah terbantu mendapatkan rumah baru berkat adopsi yang dibuka di hari yang sama, juga pemberitaan yang meluas secara viral.

chefs cook thanksgiving meal for dogs and cats
Photo. City of Buffalo Animal Shelter

Berbekal kemampuan memasak yang ia miliki, Chef Malik telah memberi kenangan tak terlupakan bagi para hewan penampungan. Banyak cara memberi mereka bahagia. Bahkan tak hanya Chef Malik, beberapa teman sekerja serta Hotel Henry, tempat Chef Malik bekerja, tergerak mendukungnya dengan memberi bantuan tenaga dan bahan makanan. Cannoli pasti sangat bangga memiliki ayah seperti Chef Malik!

chefs cook thanksgiving meal for dogs and cats
Photo. Malik Von Saint