Jessica Cochran adalah manager operasional dari Community Animal Project yang pertama kali melihat anjing bernama Edith tahun 2007 dan jatuh iba padanya. Sehari-hari Edith hidup dengan rantai di leher dan tak pernah kemana-mana, langkah Edith terjauh hanya sebatas panjang rantai yang ia kenakan.

5.25.16 - Dog Chained for Nine Years Is Freed1

Edith bukanlah anjing liar, ia dipelihara, namun sang pemilik memperlakukan Edith tanpa belas kasih. Ia dibiarkan di halaman dengan sebuah rumah kecil untuknya dan tali kekang agar Edith tak bisa melarikan diri. Edith juga tampak tak pernah mandi, serta halaman tempat tinggalnya penuh kotoran yang tak pernah dibersihkan. Dimana Jessica memohon pada pemiliknya untuk membiarkan dirinya mengurus Edith, namun tak diperbolehkan.

5.25.16 - Dog Chained for Nine Years Is Freed3

Berkali-kali Jessica memohon, tetapi sang pemilik merasa telah memperlakukan Edith dengan baik. Jessica pun tak mampu berbuat banyak, selain sering mengunjungi Edith dan mengajaknya bermain, membersihkan tubuhnya serta memberinya mainan, juga membawakan kue-kue. Edith tampak gembira, tetapi ia juga mengerti bahwa dirinya tak mungkin terlepas dari rantai yang mengekangnya bertahun-tahun.

5.25.16 - Dog Chained for Nine Years Is Freed2

Di tahun 2014, Jessica kehilangan Edith karena sang pemilik pindah. Jessica tak tahu harus kemana mencari Edith. Namun ia tak bisa melupakan Edith, ia begitu khawatir akan keadaannya. Dua tahun kemudian kekhawatiran Jessica baru sirna setelah ia mendapat kabar dari “People for the Ethical Treatment of Animals” (PETA) bahwa Edith ditemukan. Tidak hanya itu, pemilik Edith akhirnya menyerah memelihara hingga menyerahkan Edith pada PETA. Dan tentu saja Jessica adalah orang pertama yang mengajukan diri untuk mengadopsi Edith.

edith2Capture

 

Saat Jessica bertemu kembali dengan Edith, mereka berdua tak kuasa menahan rindu. Edith masih sangat ingat dengan Jessica, keduanya pun berpelukan. Hal pertama yang dilakukan oleh Edith adalah melepas rantai di leher Edith, ia membebaskannya. Edith kini hanya menggunakan tali bila diperlukan, selebihnya ia hidup bebas dan bahagia bersama Jessica.

5.25.16 - Dog Chained for Nine Years Is Freed4