Banyak pihak yang tak menyetujui euthanasia pada anjing, salah satunya karena anjing memiliki hak hidup yang tidak sepatutnya ditentukan oleh manusia. Namun menjadi dilema, ketika populasi anjing semakin tinggi dan perawatan terhadap mereka sangatlah minim, sementara anjing terlantar di jalanan juga membutuhkan pertolongan.

faithCapture

Penampungan di Ankara, Turki, juga tak memiliki program euthanasia pada anjing. Maka sekitar jumlah anjing di penampungan semakin membludak, salah satunya menampung sampai 4000 ekor anjing. Namun sayang kondisi para anjing tidaklah terawat baik. Banyak relawan yang memberikan bantuan, seperti Mary serta ketiga anaknya yang sengaja datang dari Amerika ke Turki untuk melakukan yang terbaik bagi anjing-anjing di penampungan sekemampuan mereka.

PAWsitive YouTube

Kesedihan tampak di wajah anak-anak Mary, yakni Abby, Anna dan Alaina, saat melihat ribuan anjing dengan kondisi memilukan di penampungan. Mereka kurus, sakit, dan banyak hal lain yang membuat Mary serta anak-anaknya tak mampu berkata-kata. Hingga suatu hari mereka menemukan 4 ekor anjing kecil yang hampir meninggal akibat distemper. Mary sekeluarga memutuskan untuk mengajak keempat anjing itu ikut pulang bersama mereka ke Amerika, agar mendapat perawatan kesehatan lebih baik.

PAWsitive YouTube

Namun sayang, satu per satu dari mereka tak mampu melawan penyakitnya. Kini hanya satu ekor yang masih berjuang untuk hidup, dia diberi nama Faith. Harapan Mary dan ketiga anaknya, kini tertuju padanya. Hari demi hari Faith mulai menunjukkan kesehatannya membaik, hingga kemudian ia pulih menjadi anjing yang sehat dan hidup bersama keluarga barunya di Amerika hingga saat ini.

PAWsitive YouTube

Faith adalah anjing pertama yang dibawa oleh keluarga Mary ke Amerika untuk memperoleh kehidupan lebih baik, dan Faith menjadi pelopor bagi 50 teman lainnya yang juga ditolong oleh Mary serta anak-anaknya untuk mendapatkan adopter di Amerika dalam waktu setahun belakangan.

faith2Capture