Langkah Sarah Sleime, relawan dari Greater Charlotte SPCA, terhenti di depan kandang seekor anjing pitbull di penampungan Charlotte Mecklenburg Animal Care & Control (CMACC), North Carolina. Anjing itu terduduk, berwajah sedih, dengan genangan air mata di matanya.

Dog with tears in her eyes
Photo. Sarah Sleime

Anjing yang kemudian dinamai Cinnamon itu memiliki masa lalu buruk sebagai “penghasil” anak-anak anjing untuk dijual. Kini tak seekor anakpun bersamanya. Meski Cinnamon cukup beruntung bertemu penyelamatnya dan menjadi penghuni penampungan, tetapi Cinnamon seolah meyakini tak ada lagi masa depan baginya, selain menghabiskan usia di penampungan.

Shelter dog with sad face
Photo. Sarah Sleime

Kesedihan Cinnamon berkembang viral setelah Sarah mengunggah foto dan video Cinnamon di media sosial. Keesokan hari, berbondong-bondong keluarga mengajukan adopsi untuk Cinnamon, salah satunya adalah keluarga Meghan Shelton, yang tak lain adalah teman Sarah.

Saat melihat video Cinnamon, Meghan tak kuasa menahan air matanya. Demikian pula anak-anak Meghan. Saat itu juga mereka merasa seakan Cinnamon sudah menjadi bagian dari keluarga, dimana Cinnamon pun layak untuk mengenyam kebahagiaan seperti halnya mereka sekeluarga. Sarah sangat mengenal ketulusan keluarga Meghan dalam memelihara anjing, maka pihak penampungan menyetujui Cinnamon benar-benar menjadi keluarga Meghan. Seketika tawa Cinnamon mengembang saat mengetahui dirinya memperoleh adopter!

Woman hugging shelter dog inside kennel
Photo. Sarah Sleime

Cinnamon bahkan tak sabar menantikan keluarga Meghan menjemputnya. Anjing berumur 7 tahun itu sangat bahagia. Tak ada lagi genangan air mata di pelupuk matanya. Apalagi setelah ia mengenal gadis cilik putri Meghan yang memberinya nama baru, Rosie.

Shelter dog with large family
Photo. Sarah Sleime
Little girl petting shelter dog
Photo. Sarah Sleime

Meski Rosie baru memasuki rumah barunya di keesokan hari, namun ia telah berada dalam hidup Meghan dan seluruh keluarga sejak mereka melihat video Rosie. Selain kakak dan adik, Rosie juga memiliki saudara sesama pitbull bernama Blu. Hanya beberapa hari sejak Rosie tinggal, ikatan keluarga antar mereka tak lagi dapat dipisahkan.

Two dogs sitting next to each other on the carpet
Photo. Meghan Shelton

Tanpa sepengetahuan anak-anak Meghan, di hari yang sama saat Meghan mengadopsi Rosie, terdapat 30 anjing pitbull lain yang terpaksa menjalani euthanasia akibat tak mendapatkan adopter. Meghan bersyukur Rosie bersamanya, dan akan selalu bersamanya, selamanya. Tanpa pernah lagi ada air mata.

Dogs sitting together on carpet
Photo. Meghan Shelton