Tak semua orang menyemangati Hesti Sutrisno ketika akhirnya ia mengadopsi Jhon, anjing liar yang semula ia beri makan. Karena Hesti seorang muslimah, ia berhijab dan bercadar, sehingga kontroversi agama menjadi gunjingan yang diarahkan padanya. Namun Hesti tetap pada niat untuk mengasihi anak kaki empat yang tak berumah dan tak terlindungi itu, padahal Hesti sendiri sudah memelihara puluhan kucing. Beberapa didapat dari jalanan, sisanya merupakan kucing titipan orang yang lalai mengambilnya kembali, dengan kata lain meninggalkan tanggung jawab atas kucing-kucing itu.

Baca juga “Seorang wanita bercadar dan seekor anjing, serta puluhan ekor kucing yang ditolongnya”

Hesti bukanlah seorang berada, ia masih memimpikan suatu hari bisa memiliki rumah untuk ditinggali bersama suami dan kedua anaknya. Terkadang ia pun masih harus merelakan jatah makannya untuk kebutuhan anak-anak kaki empat yang kini menjadi tanggung jawab Hesti. Bahkan ketika ia bertemu Gufi, seekor anak anjing yang bermain sendirian di kali, Hesti tak sanggup diam.

hestidog1Capture

Ia bertanya pada orang sekitar untuk mengantar pulang Gufi, tapi tak satupun mengatakan anjing kecil itu ada pemiliknya. Termasuk sebuah kantor di dekat lokasi yang mempunyai dua ekor anjing besar, ternyata tidak mengakui kepemilikan atas Gufi. Seseorang malah mengatakan pada Hesti untuk menaruh Gufi di jalan saja. Tak tega membiarkan anjing berumur 2-3 bulan di jalanan, lalu Hesti pun membawanya pulang.

hestidog4Capture

hestidog5Capture

Tak berapa lama Gufi segera akrab dengan kucing-kucing peliharaan Hesti, anjing mungil itu selalu mengikuti Hesti saat memberi makan kucing. Sementara Jhon tampak senang memiliki ‘adik’ yang kadang dijahilinya, Gufi pun layaknya anak-anak seusianya kerap bandel. Bahkan memainkan kaos kaki milik anak Hesti ketika mau pergi sekolah, tapi meski begitu kedua anak Hesti tetap menyayangi Gufi.

hestidog3Capture

hestidog2Capture

Hesti meyakini akan selalu ada rejeki bagi para hewan dari ketiadaan dirinya. Beberapa kali Hesti mendapatkan donasi dari orang-orang baik yang peduli padanya, meski tidak rutin, namun hal itu sangat membantunya. Hesti menganggap para kucing, Jhon, dan kini Gufi merupakan karunia serta titipan dari Sang Pencipta untuk berbagi kasih sayang.

hestidogCapture