Di usia 5 bulan, Lana-seekor anjing labrador, diadopsi oleh keluarga yang memiliki anak berumur 10 tahun. Namun setahun kemudian, Lana dikembalikan dengan alasan terlalu agresif terhadap si anak. Mungkin Lana terlalu gembira sehingga tak bisa mengontrol emosinya. Entah juga jika keluarga tersebut tak memiliki kesanggupan untuk melatih labrador kecil. Tapi sudahlah… Akhirnya pihak penampungan menerima Lana kembali.

Dahlia Ayoub pictured with Lana of Mighty Mutts said Lana was unresponsive for a whole day and refused to move or go on walks

Namun di luar dugaan semua orang, ternyata Lana sedih “ditinggalkan” keluarganya. Ia tak mau makan, tak mau bermain, dan mengurung diri di kandangnya. Tanpa menyentuh mainan apapun, bahkan enggan dibujuk. Foto Lana yang murung dalam kesedihan sempat beredar di sosmed dan banyak orang bersimpati padanya, terdapat 3000 ajuan adopsi bagi Lana dari seluruh dunia. Termasuk dari Meksiko, dimana dulu Lana berasal. Namun secara hukum, adopter tidak diperbolehkan di luar wilayah Ontario Kanada, tempat Lana tinggal saat ini.

Pihak penampungan, Rescue Dogs Match (RDM) milik Brenda Dobranski, pun belum memperkenankan Lana untuk diadopsi jika kondisi mental Lana masih dalam depresi. Lingkungan penampungan memang tidak cocok buat Lana yang ingin memiliki keluarga, maka setelah Lana tinggal bersama ibu asuhnya kondisi Lana berangsur membaik. Kini ia menemukan keceriaannya kembali, Lana makan dengan lahap dan mau bermain lagi. Rumah adalah segalanya bagi Lana.