Ketika mengetahui keadaan dan latar belakang seekor anjing liar bernama Theia, seorang wanita baik hati-Sarah Mellado membawa Theia pulang dari Rumah Sakit Hewan Washington State University untuk tinggal di rumahnya dan menjadi bagian dari keluarga Sarah selamanya. 
Mungkin Theia tak akan bisa pulih kembali seperti semula, namun Sarah berusaha memberikan yang terbaik bagi anjing malang itu, termasuk mencarikan dana di GoFundMe agar Theia dapat menjalani operasi-operasi lanjutan. Kondisi Theia memang menyedihkan, terjadi akibat beberapa peristiwa tragis yang ia alami dan Sarah berjanji akan selalu menjaga serta melindunginya sejak Theia diadopsi.

theia3

Luka dan cedera yang diderita Theia menunjukan bahwa ia pernah tertabrak mobil hingga rahangnya bergeser, namun Theia masih hidup dan ia mencari pertolongan ke peternakan terdekat. Alih-alih mendapat pertolongan untuk meringankan penderitaannya, justru Theia mendapat perlakuan mengerikan. Seseorang memukul kepala Theia dengan palu hingga ia tak bergerak, mungkin dianggap telah meninggal maka Theia pun dimasukan ke dalam kotak lalu dikuburkan.
Entah berapa lama Theia berjuang menggali untuk dapat keluar dari ‘kuburan’nya, namun tak lama setelah ia sanggup menghirup  udara kembali dan berjalan semampunya tanpa tujuan, seorang buruh menemukan Theia kemudian membawanya ke rumah sakit. 
Dari semua kejadian tersebut kini Theia kesulitan untuk membuka mulut, dan pukulan di kepala mengakibatkan kerusakan pada rongga hidung hingga membuatnya sulit bernapas. Namun tampaknya Theia sudah melupakan dan memaafkan orang-orang yang bertindak kejam padanya, karena semua itu tak sebanding dengan kebahagiaan yang ia dapatkan kini dari keluarga Sarah Mellado.

theia 2

theia_2

theia