Di Kepulauan Turks dan Caicos, wilayah luar Britania Raya terdapat satu pulau yang menjadi tujuan bagi para penyayang anjing. Terutama yang ingin bermain dengan anak-anak anjing. Pulau itu bernama Potcake atau dikenal dengan sebutan Puppy Island.

Potcakes

Paddleboarding with a Potcake

Sesuai sebutannya, di pulau tersebut para anak anjing hidup dengan bebas untuk berlari dan bermain sesuka hati. Tak perlu mencemaskan makanan, dan selalu mendapatkan kasih sayang dari para petugas di sana, termasuk para pengunjung yang gemas untuk berada di antara puluhan anak anjing yang begitu lucu, juga menggemaskan. Bisa dibilang, Potcake merupakan surga bari para anak anjing, adapun petugas serta pengunjung adalah malaikat bagi mereka yang akan selalu menjaga dan melindungi.

Potcake Place Holding Dog

Tourists playing with Potcakes

Pulau tersebut dihuni oleh 50-70 ekor anak anjing terlantar. Mereka tidak tinggal selamanya di sana, melainkan menghuni sementara hingga mendapatkan rumah dan keluarga. Kebanyakan pengunjung yang mendatangi Potcake juga tak hanya sekedar berkunjung untuk bermain, tetapi memiliki niat untuk mengadopsi satu atau lebih anak-anak anjing. Kebanyakan jenis campuran anjing labrador retriever, german shepherd dan english fox terrier, yang tinggal di sana. Kepandaian serta keceriaan anjing-anjing itu sulit untuk tidak membuat orang jatuh cinta. Maka konsep tempat adopsi kelolaan Jane Parker-Rauw ini, sanggu merumahkan ratusan anjing yang kini tersebar di seluruh penjuru dunia.

Beberapa orang pengunjung yang awalnya hanya berencana bermain dengan anak anjing, sering kali pulang dengan membawa minimal satu ekor anjing lucu di sana. Bahkan tak jarang mereka menawarkan diri untuk bekerja di Potcake sebagai relawan. Keriangan anjing-anjing yang lucu di sana, merupakan “bayaran” terindah yang sudah sangat memuaskan.