Sudah 4 bulan lamanya anjing berumur 6 tahun bernama Mickey tinggal di penampungan Nebraska Humane Society. Meski Mickey bersyukur dapat hidup di tempat yang melindunginya dari panas dan hujan, namun Mickey tak pernah mengubur impian untuk dapat hidup di tengah keluarga. Dalam sebuah rumah yang tidak hanya melindungi dari cuaca buruk, tetapi juga melimpahinya dengan kasih sayang tanpa batas.

Kapten Bryan D. Waugh dari kepolisian La Vista, Nebraska, menjadi seorang yang sangat berperan dalam mewujudkan impian Mickey. Dimana sebuah program bernama “K-9 for a Day” dijalankan untuk pertama kali di Nebraska, dan Mickey adalah anjing pertama yang “diciduk” oleh kepolisian untuk memulai “kemitraan” mereka.

police take dogs on ride alongs
Photo. La Vista Police Department

Sebelumnya program tersebut telah sukses dijalankan di Green Bay, Wisconsin, dan masih berlangsung hingga kini. Bila biasanya orang takut diciduk oleh aparat, tapi para anjing justru malah berharap diciduk oleh aparat. Karena istilah “diciduk” bukan bermakna negatif seperti pada pelaku kejahatan, melainkan anjing dibawa oleh petugas untuk bermain di kantor polisi. Tak hanya bermain, anjing penampungan berkesempatan juga diajak berjalan-jalan mengendarai mobil polisi, serta berbelanja mainan!

police take dogs on ride alongs
Photo. La Vista Police Department

Tak sampai di situ, seluruh kegiatan anjing bersama “mitra” polisi mereka akan diekspos melalui media lokal agar masyarakat turut merasakan kebahagiaan para anjing penampungan menjadi raja sehari. Kegiatan tersebut diakui oleh Pam Wiese, juru bicara penampungan Nebraska Humane Society, bisa memberikan terapi bagi anjing dari kondisi penampungan yang sering membuat mereka depresi dan kesepian. Selain itu juga membantu para anjing dikenal masyarakat luas, sehingga memperbesar kesempatan mereka untuk mewujudkan mimpi mendapatkan keluarga. Seperti Mickey yang kemudian mengenal Shannon Andresen.

police take dogs on ride alongs
Photo. La Vista Police Department

Melalui media lokal, Shannon Andresen mengetahui Mickey. Saat itu Shannon langsung jatuh cinta. Mickey yang tampak begitu manis dalam foto, ternyata demikian pula di kesehariannya. Shannon merasa beruntung pihak penampungan menyetujui ajuannya untuk mengadopsi Mickey.

police take dogs on ride alongs
Photo. Shannon Andresen

Tak butuh waktu lama bagi Mickey untuk beradaptasi di rumah Shannon. Ia juga begitu sopan, termasuk pada pasangan Shannon, Tyler Nelson. Keduanya sangat mencintai Mickey dan merasa bahagia bisa menjadikan anjing lucu itu bukan hanya sebagai bagian dari keluarga, tapi bagian dari hidup mereka.

Mickey dog gets adopted
Photo. Shannon Andresen

Mickey tak pernah merepotkan, juga tak pernah rewel. Shannon sering kali terharu saat melihat Mickey sibuk dengan semua mainan yang tak pernah ia miliki sebelumnya. Namun alih-alih merasa memberikan kehidupan lebih baik pada Mickey, justru Shannon merasa Mickey telah membuat hidupnya bersama Tyler menjadi lebih baik. Bila hidup Mickey berubah berawal dari “diciduk” polisi, hidup Shannon justru berubah begitu indah setelah “diciduk” Mickey 🙂

mickey dog gets adopted
Photo. Shannon Andresen